CITRA PT FREEPORT INDONESIA DALAM INSTAGRAM Analisis Isi Kuantitatif Kecenderungan Citra yang ditampilkan pada Post Feed Akun @freeportindonesia Periode Januari - Desember 2018 )

GIGIR, MONALISA GLORIA (2019) CITRA PT FREEPORT INDONESIA DALAM INSTAGRAM Analisis Isi Kuantitatif Kecenderungan Citra yang ditampilkan pada Post Feed Akun @freeportindonesia Periode Januari - Desember 2018 ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04736.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Citra merupakan keseluruhan dari persepsi seseorang terhadap suatu hal yang dibentuk melalui proses informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya Instagram. Citra memiliki lima jenis yakni citra cermin (mirror image), citra yang berlaku (current image), citra yang diharapkan (wish image), citra perusahaan (corporate image), dan citra majemuk (multiple image). Kelima citra ini dapat ditampilkan ke dalam media Instagram. Citra dalam Instagram diproyeksikan oleh humas sesuai dengan tujuan dikelolanya media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan citra yang ditampilkan pada post feed akun @freeportindonesia. Hasil yang diperoleh akan menggambarkan mengenai jenis citra apa yang digunakan humas PT Freeport Indonesia untuk ditampilkan dalam akun Instagram perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini merupakan post feed akun @freeportindonesia periode Januari - Desember 2018 dengan populasi sebanyak 340 yang kemudian disederhanakan dengan menggunakan rumus Slovin dan dipilih menggunakan teknik random sampling menjadi 84 sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan citra yang ditampilkan dalam post feed akun @freeportindonesia yakni jenis citra perusahaan (corporate image) dengan presentase sebesar 40,5%. hal ini menunjukan bahwa humas PT Freeport Indonesia ingin menampilkan citra perusahaan dalam Instagram perusahaan. Hal ini dianggap baik bagi peneliti, melihat bahwa citra perusahaan menampilkan keberhasilan di bidang keuangan, kualitas produk, keberhasilan ekspor, hubungan industri yang baik, reputasi sebagai pencipta lapangan kerja, kesediaan memikul tanggung jawab sosial, serta komitmen mengadakan riset. Semua hal tersebut ketika dapat ditampilkan oleh perusahaan maka dapat menggiring perusahaan untuk memperoleh citra yang baik di mata publik yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, Instagram, Post Feed, Citra Perusahaan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:36
Last Modified: 11 Jun 2019 01:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item