PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYRAKAT SEKOLAH GRATIS TERHADAP MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA (Studi Survei Eksplanatif pada Masyarakat Dusun Padangan, Banyakprodo Tirtomoyo, Wonogiri)

Asih, Agnes Anggara (2010) PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYRAKAT SEKOLAH GRATIS TERHADAP MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA (Studi Survei Eksplanatif pada Masyarakat Dusun Padangan, Banyakprodo Tirtomoyo, Wonogiri). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02790.pdf

Download (1857Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02790.pdf

Download (445Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02790.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02790.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02790.pdf

Download (788Kb)

Abstract

Program wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam mengikuti era yang semakin berkembang. Bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah wajib belajar 9 tahun menjadi tantangan yang cukup besar seiring dengan semakin tingginya biaya pendidikan. Program sekolah gratis merupakan salah satu solusi pemerintah dalam meringankan beban masyarakat dalam bidang pendidikan. Program sekolah gratis yang disosialisasikan melalui iklan layanan masyarakat di media televisi karena televisi diharapkan mampu memotivasi orang tua dalam menyekolahkan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tingkat ketertarikan tayangan iklan sekolah gratis terhadap motivasi orang tua menyekolahkan anak. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sesuai dengan tujuan penelitian maka sampel penelitian yang dipilih adalah keluarga yang memiliki anak usia sekolah sebanyak 132 keluarga. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disusun dengan skala guttman untuk pertanyaan tingkat ketertarikan iklan layanan sekolah gratis dan skala likert untuk pertanyaan motivasi orang tua menyekolahkan anak. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan analisis persentase, korelasi dan regresi liner sederhana. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial dengan variabel kontrol pendapatan orang tua dan jumlah anak, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,457 dengan variabel kontrol pendapatan orang tua dan jumlah anak. Tingkat hubungan antara variabel tingkat ketertarikan tayangan iklan layanan masyarakat sekolah gratis (X) dengan motivasi orang tua menyekolahkan anak (Y) didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.466, sehingga termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan regresi linier sederhana, variabel tingkat ketertarikan tayangan iklan layanan masyarakat sekolah gratis (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi orang tua menyekolahkan anak (Y). Besarnya kontribusi variabel tingkat ketertarikan tayangan iklan sekolah gratis (X) terhadap variabel motivasi orang tua menyekolahkan anak (Y) dengan nilai R2 yaitu sebesar 0,218 atau sebesar 21,8%, sedangkan sisanya 78,2% (100% - 21,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat ketertarikan iklan, motivasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:26
Last Modified: 29 May 2013 09:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item