TINGKAT PENGETAHUAN PUBLIK TERHADAP PROFESI PUBLIC RELATIONS

Putri, Novia Soraya (2011) TINGKAT PENGETAHUAN PUBLIK TERHADAP PROFESI PUBLIC RELATIONS. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03026.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03026.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03026.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03026.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, keberadaan Public Relations sudah berkembang pesat. Hal ini tampak dari meningkatnya jumlah praktisi Public Relations profesional di dunia. International Public Relations Association (IPRA) yang merupakan organisasi resmi Public Relations tingkat dunia mencatat bahwa jumlah praktisi dunia saat ini mencapai 1,2 juta professional. Tetapi, berkembangnya Public Relations belum tentu diimbangi oleh pengetahuan publik tentang profesi tersebut. Di Indonesia, Public Relations seringkali dianggap hanya menjual tampang dan senyuman, menemani tamu, bahkan disalahartikan sebagai marketing. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui tingkat pengetahuan mereka terhadap profesi Public Relations. Dalam penelitian ini peneliti menanyakan tentang definisi, fungsi dan peran, dan Public Relations sebagai profesi kepada responden. Jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode survey. Alat pengumpulan data yang utama adalah menggunakan kuesioner. Populasinya yaitu mahasiswa/i jurusan non Public Relations Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan jumlah 199 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode random proporsional sampling, dimana teknik penarikan sampelnya dilakukan dengan menggunakan perwakilan berimbang. Analisis data menggunakan sistem skor, skor satu untuk jawaban yang benar, skor nol untuk jawaban yang salah. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tingkat pengetahuan responden terhadap profesi Public Relations berada di tingkat pengetahuan sedang, dimana ini berarti responden baru mencapai tahap mengetahui, yaitu mengingat kembali (recall) sesuatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang telah diterima. Peneliti menyarankan kepada publik untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai Public Relations, karena kesalahpahaman publik dapat berakibat buruk terhadap image suatu profesi, dan bergesernya fungsi inti dari profesi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, Public Relations, profesi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:24
Last Modified: 29 May 2013 09:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item