Leowaldo, Severinus (2019) PEMODELAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA GEDUNG PERBANKAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TS156630.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS156631.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS156632.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
TS156633.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB IV)
TS156634.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (BAB V)
TS156635.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS156636.pdf Download (32MB) | Preview |
Abstract
Perbankan atau bank merupakan salah satu pusat kegiatan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat atau nasabah. Meningkatnya nasabah yang datang ke bank pada jam kerja tentunya dapat memberikan dampak pada pada keadaan lalu lintas di sekitarnya. Dampak lalu lintas juga dapat terjadi apabila pada gedung perbankan tidak memiliki lahan parkir yang ideal. Parkir yang ideal tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah yang datang. Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan dibeberapa gedung perbankan di Kota Yogyakarta, antara lain BNI Adisucipto, BCA Ahmad Dahlan, BCA Katamso, Bank Jogja Gedong Kuning dan Bank BPD DIY Kota Gede. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir dan menyusun model kebutuhan ruang parkir. Hasil analisis diperoleh akumulasi maksimal parkir motor sebesar 68 kendaraan di Bank BPD DIY kota gede dan mobil sebesar 22 kendaraan di Bank BCA Katamso, durasi parkir motor dan mobil terbesar terjadi pada interval waktu 0- 15 menit dengan jumlah 154 motor dan 40 mobil di Bank BCA Katamso, volume parkir sebesar 652 motor di Bank BPD DIY Kota Gede dan 94 mobil di Bank BCA Katamso, pergantian parkir sebesar 3,10 motor/SRP/jam di Bank BPD DIY Kota Gede dan 4,33 mobil/SRP/jam di Bank BCA Ahmad Dahlan, dan didapatkan indeks parkir motor sebesar 103,45% di Bank BNI Adisucipto dan mobil 350% di BCA Ahmad Dahlan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berupa akumulasi parkir maskimum motor dan akumulasi parkir maskimum mobil yang akan menjadi variabel Y. Variabel X sendiri akan menggunakan data sekunder yang didapatkan dari pihak gedung perbankan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 20 dalam mencari model dan pengujian model yang telah didapatkan. Model terbaik untuk kebutuhan ruang parkir motor Y = 13,333 + 7,833 jumlah customer services dengan nilai adjusted Rsquare 0,846 dan model terbaik untuk kebutuhan ruang parkir mobil Y2 = -30,043 + 2,497 jumlah teller + 0,731 jumlah karyawan + 1,528 jumlah ruangan nilai adjusted Rsquare sebesar 1,000. Model terbaik ini dipilih karena sudah lolos dari uji statistik dan uji asumsi klasik yang dilakukan sehingga dapat dikatakan bahwa kedua model ini memenuhi kriteria BLUE (Best Linier Unbiased Estimator).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank, Karakteristik Parkir, Pemodelan Kebutuhan Ruang Parkir, Regresi |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 02:01 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 02:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18950 |
Actions (login required)
View Item |