PENGARUH KETERIKATAN KERJA DAN PROSES PERUBAHAN TERHADAP KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA JAKARTA

Pradipta, Mikael Wedha Listyo (2019) PENGARUH KETERIKATAN KERJA DAN PROSES PERUBAHAN TERHADAP KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA JAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21196.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Banyak perusahaan gagal dalam mengelola perubahan organisasi. Oleh sebab itu organisasi merespon perubahan antara lain melalui program keterikatan kerja (work engagement) agar sumber daya manusia siap berubah (readiness to change) sesuai dinamika lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengaruh keterikatan kerja (work engagement) terhadap kesiapan untuk berubah karyawan dan (2) mengetahui bagaimana pengaruh proses perubahan (process of change) terhadap kesiapan untuk berubah karyawan PT. Gramedia Asri Media Jakarta. Data primer diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada karyawan bagian pemasaran (marketing). Kuesioner yang digunakan merupakan hasil adaptasi grand theory Bouckenooghe, Devos, dan Broeck (2009) dan Schaufeli & Bakker (2004). Sampel penelitian ini adalah 45 responden diperoleh sesuai teori dari Roscoe dimana sampel lebih dari 30 dan kurang dari 500 adalah tepat untuk penelitian. Hasil penelitian analisis regresi menunjukan bahwa (1) keterikatan kerja (work engagement) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk berubah karyawan, (2) proses perubahan (process of change) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk berubah karyawan. Kesiapan berubah tinggi, namun demikian masih ada ruang untuk peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perubahan, keterikatan kerja, proses perubahan
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jun 2019 06:03
Last Modified: 17 Jun 2019 06:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item