PENGARUH KARAKTERISTIK KERJA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN KUALITAS PERNIKAHAN TERHADAP KEPENATAN KERJA DI KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA

Nowotamtomo, Damar Ageng (2019) PENGARUH KARAKTERISTIK KERJA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN KUALITAS PERNIKAHAN TERHADAP KEPENATAN KERJA DI KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20240.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Banyak hal yang dapat membuat pegawai menjadi stres, beberapa hal diantaranya adalah beban kerja yang tinggi, kurangnya dukungan, dan kehidupan pernikahan yang tidak berjalan dengan baik. Stres yang dialami pegawai ini lama kelamaan akan semakin menumpuk dan menyebabkan terjadinya burnout. Burnout sendiri adalah keadaan stres secara psikologis yang sangat ekstrem sehingga individu mengalami kelelahan emosional dan motivasi yang rendah untuk bekerja. Jika burnout ini tidak ditangani, maka dalam jangka waktu panjang akan merugikan perusahaan karena pegawai menjadi malas untuk bekerja dan akhirnya banyak pekerjaan yang tidak selesai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari karakteristik kerja, dukungan sosial, dan kualitas pernikahan terhadap kepennatan kerja (burnout). Penelitian dilakukan di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Jakarta dengan menggunakan Pegawai Kementerian Pertahanan yang telah menikah sebanyak 67 pegawai sebagai obyek penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa, 1) karakteristik kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepenatan kerja (burnout). 2) dukungan sosial memiliki pengaruh yang negatif dan seignifikan terhadap kepenatan kerja (burnout). 3) kualitas pernikahan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kepenatan kerja (burnout).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik kerja, dukungan sosial, kualitas pernikahan, burnout.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2019 01:59
Last Modified: 18 Jun 2019 01:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item