CITRA GEREJA DI DALAM MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Kuantitatif Pesan Instagram Uskup Agung Semarang @mgr_ruby Pasca Penyerangan di Gereja St. Lidwina Sleman Periode 11 – 24 Februari 2018)

MALIR, MARIA IGNASIA RABUNI (2019) CITRA GEREJA DI DALAM MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Kuantitatif Pesan Instagram Uskup Agung Semarang @mgr_ruby Pasca Penyerangan di Gereja St. Lidwina Sleman Periode 11 – 24 Februari 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peristiwa penyerangan di Gereja Lidwina Sleman ramai diberitakan oleh berbagai media termasuk media sosial yang dengan cepat menyebar. Berbagai pemberitaan tersebut dapat menimbulkan citra yang beranekaragam juga untuk lembaga Gereja khususnya Keuskupan Agung Semarang (KAS) sehingga Uskup KAS Mgr. Rubiyatmoko dengan cepat merespon peristiwa tersebut dengan cara memberikan informasi secara aktif lewat akun Instagramnya @mgr_ruby selama periode 11-24 Februari 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Lewat metode ini, peneliti dapat mempelajari gambaran isi, karakteristik pesan, dan perkembangan atau trend (kecenderungan) dari suatu isu. Penelitian ini disajikan dalam bentuk persentase sehingga memudahkan pengolahan data. Objek dalam penelitian ini adalah isi pesan Instagram @mgr_ruby pada periode 11-24 Februari 2018 sebanyak 32 sampel. Proses penelitian ini melalui tiga tahapan. Tahap pertama adalah pengkodingan yang dilakukan oleh peneliti dan dua pengkoder lainnya. Tahap kedua, yaitu distribusi frekuensi dimana hasil dari ketiga koder dalam coding sheet dikumpulkan dan dihitung secara statistik. Tahapan ketiga, hasil dari distribusi frekuensi kemudian dianalisis oleh peneliti dengan mengaitkan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis citra yang paling banyak ditampilkan dalam akun Instagram @mgr_ruby adalah performance image (citra penampilan) sebanyak 90,6 % dari 100 % sampel. Persentase yang diperoleh tersebut menggambarkan bahwa Mgr. Rubiyatmoko membangun citra Gereja dengan menunjukkan penampilan diri yang baik sehingga dapat mempangaruhi citra lembaga Gereja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, Gereja, Media Sosial, Instagram.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:32
Last Modified: 19 Jun 2019 03:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item View Item