DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMECAHAN MASALAH KETIDAKJELASAN INFORMASI (Studi Kasus di Garda Depan PT. Aseli Dagadu Djokdja Angkatan 62)

SUKAMTO, DWI KRISTINA (2019) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMECAHAN MASALAH KETIDAKJELASAN INFORMASI (Studi Kasus di Garda Depan PT. Aseli Dagadu Djokdja Angkatan 62). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04896.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Garda Depan atau biasa disebut dengan GarDep merupakan sekelompok mahasiswa yang bekerja paruh waktu di PT. Aseli Dagadu Djokdja. Sebuah kelompok, seperti GarDep, merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi dan mengenal satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, meskipun masing-masing orang memiliki peran yang berbeda GarDep tidak hanya sebatas sales promotion person, tetapi juga membawa representasi dari citra perusahaan yakni Smart, Simle, dan Djokdja. Istilah komunikasi kelompok biasanya berhubungan dengan interaksi yang terjadi di antara orang-orang dalam kelompok kecil, terutama dalam proses pengambilan keputusanSaat komunikasi berlangsung di dalam kelompok, terdapat banyak sekali pertukaran informasi atau pesan yang didapatkan oleh masing-masing individu. Informasi tersebut dikelola agar membantu tercapainya tujuan kelompok. Dari sejumlah informasi yang diterima oleh kelompok tentunya ada beberapa ketidakjelasan informasi yang membuat kelompok harus membuat informasi tersebut menjadi masuk akal.Ketidakjelasan yang dimaksud ialah sejauh mana pesan atau informasi dalam kelompok atau organisasi dikatakan tidak pasti, ambigu, dan/atau tidak dapat diprediksi Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian studi kasus yangberfokus untuk menggambarkan dan menganalisa sebuah kasus sehingga dapat menghasilkan temuan-temuan yang baru secara empiris dalam sebuah penelitian. Tujuan dari studi kasus ialah mempelajari secara intensif mengenai latar belakang dan keadaan saat ini dari individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat. Pada hakikatnya, proses komunikasi kelompok digunakan dalam proses diskusi dalam memecahkan masalah yang dalam hal ini,permasalahan yang dialami ialah ketidajelasan informasi mengenai cara membimbing kelompok garda depan anglatan baru. Dalam memecahkan masalah ketidajelasan informasi tersebut, terdapat beberapa tahapan dan aturan yang digunakan oleh Kelompok Gardep PT.ADD Angkatan 62 serta terlihat bagaimana dinamika komunikasi kelompok terjadi saat kelompok melakukan proses diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kominikasi kelompok, ketidakjelasan informasi, Gardep 62
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:43
Last Modified: 21 Jun 2019 01:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19079

Actions (login required)

View Item View Item