EFEKTIVITAS KAMPANYE MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Kampanye #KemenanganItuDekat Melalui Instagram pada Followers @grabid)

GUNTUR, ANGELA NOVINIA REYNALDA (2019) EFEKTIVITAS KAMPANYE MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Kampanye #KemenanganItuDekat Melalui Instagram pada Followers @grabid). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANGELA NOVINIA REYNALDA GUNTUR)
KOM05241.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kampanye Grab #KemenanganItuDekat melalui Instagram pada followers @grabid. Masalah dalam penelitian ini bagaimana efektivitas kampanye Grab #KemenanganItuDekat melalui Instagram pada followers @grabid, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, periklanan, kampanye, dan media sosial. Plessis (2000:29-30) menjelaskan bahwa efektivitas kampanye dapat diukur berdasarkan keberhasilan dari kampanye dalam mencapai tujuannya. Efektivitas Kampanye #KemenanganItuDekat pada penelitian ini diukur berdasarkan 3 tahapan tujuan kampanye yang dipaparkan oleh Schenk dan Dobler (2002:37), yakni tahap kognitif (pengetahuan), tahap afektif (minat), dan tahap konatif (tindakan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei, di mana penulis membagikan kuesioner kepada sampel yang dipilih yakni sejumlah 400 responden yang merupakan followers dari akun Instagram Grab Indonesia (@grabid). Jumlah responden dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik simple random sampling, sehingga yaitu semua anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Guttman dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel efektivitas kampanye dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan nilai tingkat pengetahuan didominasi oleh responden yang berada di kategori tinggi yakni sebanyak 360 responden (90%). Nilai pada tingkat minat didominasi oleh responden yang berada di kategori tinggi yakni sebanyak 261 responden (65,25%). Nilai pada tingkat tindakan didominasi oleh responden yang berada di kategori tinggi yakni sebanyak 237 responden (59,25%). Hasil analisis uji persentase menunjukkan bahwa followers dari akun Instagram @grabid memiliki pengetahuan dengan tingkatan sangat tinggi (94,80%) dan minat dengan tingkatan tinggi (72,16%) serta tindakan dengan tingkatan tinggi (69,07%), sehingga kampanye #KemenanganItuDekat yang dilakukan oleh Grab melalui akun Instagram @grabid dapat dikatakan efektif. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam perancangan kampanye berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran dengan tujuan menciptakan atau meningkatkan pengetahuan, minat, dan tindakan pada khalayak. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan media selain Instagram, seperti Facebook, Twitter, dan Blog, sehingga diketahui media manakah yang lebih efektif berdasarkan pertimbangan perkembangan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, kampanye, media, Instagram, Grab
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 11 Jul 2019 05:45
Last Modified: 11 Jul 2019 05:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19370

Actions (login required)

View Item View Item