PREDIKSI HARGA OPSI DENGAN KOMPUTASI PARALEL SOLUSI NUMERIK PERSAMAAN HESTON MENGGUNAKAN METODE FINITE DIFFERENCE PADA GRAPHICS PROCESSING UNITS

Wikanargo, Matheus Alvian (2019) PREDIKSI HARGA OPSI DENGAN KOMPUTASI PARALEL SOLUSI NUMERIK PERSAMAAN HESTON MENGGUNAKAN METODE FINITE DIFFERENCE PADA GRAPHICS PROCESSING UNITS. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTF027520.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTF027521.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTF027522.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
MTF027523.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
MTF027524.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
MTF027525.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
MTF027526.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Opsi adalah instrumen keuangan di mana dua pihak setuju untuk menukarkan aset pada harga atau strike dan tanggal atau maturity sudah ditentukan sebelumnya. Opsi memberikan investor informasi untuk mengatur strategi sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan mengurangi resiko. Harga opsi dapat divaluasi menggunakan model persamaan Heston yang populer digunakan. Model persamaan Heston memiliki kelebihan dibandingkan dengan model persamaan lainnya karena asumsi volatility tidak konstan terhadap waktu atau stochastic volatility. Volatility yang tidak konstan terhadap waktu sesuai dengan realitas karena underlying asset sebagai dasarnya bisa mengalami fluktuasi. Persamaan ini memiliki kelemahan karena merupakan persamaan derivatif. Persamaan derivatif merupakan persamaan yang susah untuk dipecahkan, salah satu cara memecahkan persamaan derivatif dengan mudah adalah menggunakan solusi numerikal. Solusi numerik dapat memecahkan persamaan derivatif namun memerlukan proses komputasi yang berat dan lambat. Solusi numerikal metode finite difference non-uniform grids merupakan metode dapat digunakan secara fleksibel dan tidak membutuhkan pemrosesan matriks. Persamaan Heston dapat dipecahkan dengan metode finite difference nonuniform grids karena persamaan Heston dapat diasumsikan sebagai persamaan parabolik. Solusi numerikal memerlukan waktu pemrosesan komputasi yang berat dan lambat, karena terdapat banyak elemen perhitungan dan iterasi. Pemrosesan komputasi solusi numerikal dapat dilakukan menggunakan paralel programming Compute Unified Device Architecture (CUDA) untuk mempercepat proses. Valuasi harga opsi perlu diproses secara akurat sesuai realitas dan cepat, sehingga nilai yang dihasilkan dapat dimanfaatkan pada momentum terbaik. Penelitian ini mengusulkan solusi numerikal metode finite difference non-uniform grids untuk memecahkan model persamaan Heston untuk mendapatkan hasil yang akurat dan cepat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: finite difference, heston, harga opsi, komputasi paralel
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jul 2019 05:24
Last Modified: 23 Jul 2019 05:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19526

Actions (login required)

View Item View Item