STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROGRAM “DMFI WEEK” DI YOGYAKARTA OLEH KOMUNITAS ANIMAL FRIENDS JOGJA

PRIMASANTI, ANGELA TYAS (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROGRAM “DMFI WEEK” DI YOGYAKARTA OLEH KOMUNITAS ANIMAL FRIENDS JOGJA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi sorotan dunia akibat tingginya konsumsi dan perdagangan daging anjing.. Bahaya kesehatan dan pelanggaran hak kesejahteraan hewan serta keinginan untuk mengedukasi masyarakat menjadi titik tolak dibentuknya Kampanye koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI). Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi pantauan pergerakan kampanye Dog Meat Free Indonesia. Melalui program “DMFI Week” tim Animal Friends Jogja berusaha membangkitkan dukungan masyarakat Jogja terhadap konsumsi daging anjing di Indonesia. Dukungan masyarakat tidak begitu saja datang, dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat untuk mencapai tujuan program. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian yaitu strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam (In Depth Interview), observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang menggunakan model Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan untuk melihat strategi komunikasi dalam program “DMFI Week” yang dilakukan oleh AFJ untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Strategi komunikasi dilakukan dengan menerapkan pemilihan komunikator, penetapan pesan, penentuan dan pemanfaatan media, serta pembagian khalayak. Sebagai komunitas, AFJ melakukan penetapan strategi komunikasi sebagai sebuah cara untuk mendapatkan dukungan masyarakat Yogyakarta terhadap pelarangan konsumsi daging anjing di Indonesia. Penetapan strategi komunikasi dilakukan dengan mengacu pada setiap tujuan yang telah ditentukan sebelum merancang startegi komunikasi. Setiap strategi komunikasi yang ditetapkan oleh Animal Friends Jogja berangkat dari tiga tujuan. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh AFJ, dianalisis dengan formula Laswell yang menjelaskan strategi komunikasi sebagai sebuah proses yang dapat dijabarkan melalui elemen komunikasi Laswell.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, AFJ, Program, Organisasi non-profit
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:13
Last Modified: 26 Jul 2019 02:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item