Hutomo, Setio Budi H (2013) "MODERNISASI" KAMPANYE PEMILU : Komunikasi Politik Pasca Reformasi. In: POTRET MEDIA DALAM POLlTlK INDONESIA, 11 - 12 Maret 2013, Batam.
Text
dalam politik.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
Abstract
Pemilu 2009 adalah pemilihan umum kedua era reformasi yang bertumpu sepenuhnya kepada suara pemilih (rakyat), untuk menentukan wakilnya di DPR dan DPD serta menentukan Pasangan Presiden & Wakil Presiden secara langsung. Dalam analisis Alm Prof Dedy Nur Hidayat peris- tiwa pemilihan umum langsung sejak tahun 1999,2004 dan 2009 menunjukkan fenomena yang baru, yang disebut sebagai amerikanisasi (modernisasil industrialisasi) kampanye (komunikasi politik). Modernisasi komunikasi politik menunjukkan secar-a sistematis - konseptual penggunaan bidang pemasaran, "militer", psikologi, budaya&n berbagai analisis profile khalayak untuk memastikan pesan politik dan pesan komu- nikasi tepat sesuai sasaran dan berdampak. Pemilu Presiden 2009 adalah kasus yang menarik untuk dianalisis, karena media menjadi faktor determinan dalam pengambilan keputusan politik pemilih. Adanya 'stilah serangan udara, yang merujuk pada maksimalisasi penggunaan media cetak dan : . serangan udara, istilah untuk penggunaan media penyiaran menambah khasanah dinamika PILPRES. Bagaimana konsep, strategi dan praktek modernisasi komunikasi politik, dalam berbagai pemilihan umum akan dibahas dalam tulisan ini..
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemilihan umum, komunikasi politik, kampanye |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | wiwid bartolomeus wijayanto |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 04:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 04:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19637 |
Actions (login required)
View Item |