PENGARUH NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Analisis Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengaruh Negara Asal (Country of Origin) terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam membeli mobil merek Toyota di Nasmoco Janti Yogyakarta)

PAMBUDI, PRADITYA ARIF (2019) PENGARUH NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Analisis Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengaruh Negara Asal (Country of Origin) terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam membeli mobil merek Toyota di Nasmoco Janti Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PRADITYA ARIF PAMBUDI)
KOM04690.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negara asal (Country of Origin) terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil merek Toyota. Negara asal (Country of Origin) adalah informasi yang sering digunakan oleh konsumen ketika mengevaluasi suatu produk (Listiana, 2014:21). Keputusan pembelian konsumen adalah keputusan pembeli tentang merek yang paling disukai (Kotler dan Armstrong, 2008:181). Sedangkan merek Toyota merupakan objek dari penelitian ini. Metode dalam penelitian ini adalah analisis eksplanatif kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli atau melakukan keputusan pembelian mobil merek Toyota di dealer Nasmoco Janti Yogyakarta berjumlah 337 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Negara Asal (Country of Origin) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota yang dilakukan oleh konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 19,472 dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05; dan koefisien regresi positif sebesar 0,786. Besarnya pengaruh Negara Asal (Country of Origin) terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota sebesar 0,531; hal ini berarti bahwa Keputusan Pembelian mobil merek Toyota oleh konsumen dipengaruhi Negara Asal (Country of Origin) sebesar 53,1%, sedangkan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Perusahaan Toyota disarankan untuk bisa selalu tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk melalui inovasi dengan tujuan untuk menjaga kemampuan perusahaan bersaing dalam persaingan bisnis yang semakin ketat di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Negara Asal (Country of Origin), Keputusan Pembelian, dan Toyota
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:47
Last Modified: 23 Aug 2019 04:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item