EFEKTIVITAS TOURIST INFORMATION CENTRE (TIC) DALAM MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG KAWASAN WISATA DI LINGKUNGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Pambudi, Praditya Arif (2019) EFEKTIVITAS TOURIST INFORMATION CENTRE (TIC) DALAM MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG KAWASAN WISATA DI LINGKUNGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Praditya Arif Pambudi)
KOM04947.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tourist Information Centre (TIC) merupakan pusat informasi pariwisata yang memberikan informasi kepada wisatawan mengenai lokasi, atraksi, penginapan, pusat hiburan, peta dan segala sesuatu mengenai pariwisata di daetah tersebut. Adanya proses informasi yang dilakukan tidak terlepas dari fungsi manajemen yang dilaksanakan dalam mencapai tujuannya. Fungsi manajemen adalah suatu bentuk kerja yang melekat dalam proses manajemen yang akan menjadi acuan. Dalam mengupayakan kemajuan pariwisata maka diperlukan informasi yang bisa dipertanggung jawabkan. Informasi dalam dunia pariwisata diartikan sebagai data atau informasi yang dikomunikasikan pada wisatawan dalam bentuk media informasi dan sebagai bagian dari keputusan wisatawab=n dan informasi yang diberikan harus relevan, tepat dan benar. Tourist Information Centre dalam penelitian ini merupakan sumber informasi yang harus memberikan informasi secara relevan dan tepat. Tourist Information Centre juga merupakan bentuk komunikasi yang dijalankan. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang memiliki nilai efektifitas. Efektifitas merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan atau gagal suatu kegiatan. Untuk mengetauhi efektifitas komunikasi dalam memberikan informasi tentang kawasan wisata perlu perlu efektifitas komunikasi antara pemberi informasi dan penerima informasi yang baik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey yang diperdalam dengan menyebarkan kuesioner. Metode ini dilakukan untuk mendapatkan data di tempat tertentu yang alami bukan buatan serta digunakan peneliti untuk memudahkan penelitian mendapatkan data yang jadi tujuan akhir dari penelitian. Survey juga dapat mengumpulkan dan memperoleh secara langsung data dari sumber lapangan penelitian. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi informatif. Teori komunikasi informatif adalah suatu pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang tentang hal yang baru. Di dalam teknik komunikasi informatif terdapat teori yang mendukung agar semakin terjalin komunikasi yang baik, lancer dan tidak terjadi kesalahpahaman. Pada akhirnya TIC dinilai mampu menjalankan efektifitas komunikasi yang baik dan benar dalam memberikan informasi kepada wisatawan yang sungguh-sungguh dilakukan agar wisatawan mendapatkan kepuasan dengan informasi yang diterima. TIC bukan saja untuk memberikan informasi kepada wisatawan tetapi juga menjalankan fungsi manajemennya dengan baik. TIC akan semakin berkembang dengan menambahkan konten info grafis Kawasan wisata pada medsos dan website serta memberikan promo untuk wisatawan yang dating ke TIC.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas komunikasi, TIC, InformasI
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:56
Last Modified: 23 Aug 2019 04:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item