PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA TAROT READER DAN KLIEN (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal antara Tarot Reader dan Klien dalam Sesi Tarot Reading di Komunitas Tarot Dewaroetji Yogyakarta)

HARIADHY, HILARIUS HARRY (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA TAROT READER DAN KLIEN (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal antara Tarot Reader dan Klien dalam Sesi Tarot Reading di Komunitas Tarot Dewaroetji Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HILARIUS HARRY HARIADHY)
KOM04602.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada dasarnya tiap manusia di dunia ini tidak terlepas dari masalah, oleh dari itu seseorang akan mencari bantuan orang lain untuk dimintai pendapat dan tempat mengeluarkan keluh kesahnya. Salah satu bentuk aktivitas di dalam mencari bantuan orang lain yaitu melalui sesi Tarot Reading. Sesi Tarot Reading pada umumnya melibatkan dua orang pribadi yang dalam prosesnya terjalin komunikasi bersifat interpersonal. Proses komunikasi interpersonal tersebut yang menarik bagi peneliti mendalami proses penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang terjalin antara Tarot Reader dan klien dalam sesi Tarot Reading di komunitas Tarot Dewaroetji Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lebih banyak menyajikan paparan deskripsi terkait proses komunikasi yang data-datanya diperoleh dari teknik pengambilan data wawancara mendalam dan observasi non partisipan kepada empat narasumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal dalam sesi Tarot Reading yang peneliti temui di lapangan mempunyai karakteristik yang unik. Keunikan tersebut ditunjukkan dalam proses pengkodifikasian pesan dilakukan Tarot Reader didasarkan pada pembacaan makna simbol pada kartu Tarot. Hal tersebut menjadi suatu keunikan tersendiri dengan adanya kepercayaan Tarot Reader dan klien pada simbol yang muncul pada kartu Tarot serta menjadikan simbol tersebut sebagai acuan pesan yang dikodifikasi untuk kemudian disampaikan pada klien dengan pengembangan berdasarkan pada analisis dan ilmu pengetahuan lain dari Tarot Reader itu sendiri. Keunikan tersebut yang membedakan dengan proses komunikasi interpersonal pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Interpersonal, Tarot Reader, Klien, Tarot Reading
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 05:05
Last Modified: 23 Aug 2019 05:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item