PESAN PERSUASIF BEAUTY VLOGGER PADA AKUN YOUTUBE SUHAY SALIM (Pesan Persuasif pada Video Review Periode Desember 2015 – November 2018)

PUTRI, NI NYOMAN NADA TRIJAYANTI (2019) PESAN PERSUASIF BEAUTY VLOGGER PADA AKUN YOUTUBE SUHAY SALIM (Pesan Persuasif pada Video Review Periode Desember 2015 – November 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (NI NYOMAN NADA TRIJAYANTI PUTRI)
KOM05603.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu teknologi yang dimiliki oleh setiap orang, hal ini dikarenakan fungsi serta manfaatnya yang praktis. YouTube sebagai media sosial mendapatkan urutan pertama dalam penggunaan media sosial tiap tahunnya dan selalu menjadi nomor satu dibandingkan media sosial lainnya. YouTube banyak dimanfaat sebagai jembatan untuk membagi informasi, salah satunya tentang kecantikan. Suhay Salim merupakan seorang youtuber konten kecantikan yang sering mermberikan review suatu produk. Memberikan suatu review terhadap suatu produk membutuhkan penyusunan pesan di dalamnya, hal ini agar pesan tersebut memiliki makna yang jelas. Penyusunan pesan ini merupakan bagian dari pesan persuasif, yang tujuannya untuk mengubah pikiran dan tindakan dengan memanipulasi motifmotif ke arah tujuan yang telah ditetapkan. . Penelitian ini bertujuan menganalisis isi pesan persuasif yang terdapat pada video- video review Suhay Salim periode (Desember 2015 – November 2018). Penelitian ini menggunakan konsep dari komunikasi persuasif, kemudian diturunkan menjadi pesan persuasif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep dari media sosial untuk melihat proses Suhay Salim dalam memberikan pesan persuasif melalui review pada video-videonya di-YouTube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif (content analysis). Data-data dalam penelitian ini didapatkan dari 65 video yang berkategori review pada akun YouTube Suhay Salim. Setelah penelitian ini dilakukan, peneliti menemukan bahwa Suhay Salim sebagai beauty vlogger telah melakukan pesan persuasif pada video-video review- nya di-YouTube. Meskipun tidak semua dilaksanakan dengan baik, namun video- video review Suhay Salim telah dibuat berdasarkan konsep dari pesan persuasif dan media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Suhay Salim, Pesan Persuasif, Media Sosial
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:25
Last Modified: 26 Aug 2019 04:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item