INTERAKTIVITAS AKUN MEDIA SOSIAL PERGURUAN TINGGI (ANALISIS ISI INTERAKTIVITAS LIMA AKUN TWITTER PERGURUAN TINGGI NEGERI TERAKREDITASI-A)

WULANDARI, AANDIKA (2019) INTERAKTIVITAS AKUN MEDIA SOSIAL PERGURUAN TINGGI (ANALISIS ISI INTERAKTIVITAS LIMA AKUN TWITTER PERGURUAN TINGGI NEGERI TERAKREDITASI-A). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AANDIKA WULANDARI)
KOM04800.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menjelaskan serta melihat Interaktivitas Akun Media Sosial Perguruan Tinggi (Analisis Isi Interaktivitas Lima Akun Twitter Perguruan Tinggi Negeri Terakreditasi – A). Akun Media sosial Twitter salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh Perguruan Tinggi untuk memberikan informasi dan berinteraksi dengan pemangku kepentingan khususnya mahasiswa sebagai stakeholder. Interaktivitas pada sebuah media sosial berarti melibatkan dua atau lebih pihak yang aktif di dalamnya sehingga komunikasi akan terjadi secara dua arah. Pada penelitian ini akan melihat interaktivitas yang terjadi pada akun media sosial Twitter Perguruan Tinggi Negeri terakreditasi – A. Interaktivitas pada akun Twitter dapat terjadi ketika terjadinya kegiatan atau interaksi yang dilakukan oleh pengguna twitter seperti retweet, mention, reply dan favorites. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yaitu bagaimana interaktivitas akun Twitter Perguruan Tinggi di Indonesia yang Terakreditasi A. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui analisis data yang terdapat pada objek penelitian. Data yang terdapat pada objek penelitian analisis dan dideskripsikan secara rinci tentang apa yang terjadi. Penelitian ini diperkuat dengan data-data yang ditemukan pada objek penelitian. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui tingkat interaktivitas yang terjadi pada Akun media sosial twitter perguruan tinggi terakreditasi A. Peneliti melihat dari interaktivitas yang terjadi menggunakan 6 dimensi interaktivitas Carrie Heeter dan proses terjadinya interaktivitas menggunakan 2 kualifikasi yaitu: Interaktivitas interpersonal dan interaktivitas informasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Twitter,Interaktivitas, Media Sosial.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:34
Last Modified: 26 Aug 2019 04:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item