ANALISIS SIKAP PENONTON TERHADAP PRODUCT PLACEMENT TOYOTA NEW YARIS 2018 DALAM FILM MENGAKHIRI CINTA 3 EPISODE DENGAN MENGGUNAKAN TEORI AISAS

WAHYUDI, MATIUS RAHMAT (2019) ANALISIS SIKAP PENONTON TERHADAP PRODUCT PLACEMENT TOYOTA NEW YARIS 2018 DALAM FILM MENGAKHIRI CINTA 3 EPISODE DENGAN MENGGUNAKAN TEORI AISAS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MATIUS RAHMAT WAHYUDI)
KOM04850.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kehadiran media digital seperti Youtube menjadi daya tarik bagi perusahaan untuk melakukan product placement. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan Youtube ini adalah Toyota. Web series Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode, menceritakan tentang hubungan percintaan antara Ayu yang diperankan oleh Sheila Dara Aisha dan Satrio yang diperankan oleh Dion Wiyoko. Terlepas dari alur cerita yang digarap oleh Yandy Laurens, dalam beberapa adegan film memperlihatkan bentuk dari salah satu produk Toyota terbaru di tahun 2018 yakni Toyota New Yaris. Adanya produk mobil Toyota New Yaris yang ditampilkan dalam film menunjukkan bahwa Toyota telah melakukan product placement (penempatan produk) melalui film tersebut. AISAS adalah model yang dirancang untuk melakukan pendekatan secara efektif kepada target audiens dengan melihat perubahan perilaku yang terjadi khususnya terkait dengan latar belakang kemajuan teknologi internet. AISAS merupakan singkatan dari Attention, Interest, Search, Action dan Share. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sikap penonton terhadap product placement Toyota New Yaris dalam web series Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode dengan menggunakan teori AISAS. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kriteria informan dalam penelitian ini adalah berusia antara 27–35 tahun, tingkat pendidikan minimal S1, sudah menikah atau mempunyai pekerjaan tetap, sudah menonton web series Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: Attention (perhatian) penonton ditunjukkan dengan menyadari adanya product placement Toyota New Yaris dalam web series. Ada interest (minat) dari wiewers film seri dikarenakan di beberapa adegan film ditampilkan keunggulan-keunggulan yang dimilki oleh Toyota New Yaris dan meneruskannya dengan mencari informasi mengenai mobil tersebut. Search (menelusuri) penonton melalui dealernya langsung, teman yang sudah memiliki, dan browsing melalui mesin pencarian di internet. Action (tindakan) penonton merespon positif dengan melakukan tindakan pembelian setelah keinginan untuk mengetahui keunggulan, fitur, bahkan pilihan warna yang ditawarkan oleh Toyota New Yaris terpenuhi. Share (berbagi) penonton adalah menjawab sesuai dengan apa yang diketahui dan rasakan ketika ada yang bertanya, tapi tidak akan melakukan share apabila tidak ada yang bertanya. Share tersebut melalui media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan ataupun Whatapp, ataupun berbicara secara langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Product placement, Web series, Teori AISAS
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 26 Aug 2019 05:36
Last Modified: 26 Aug 2019 05:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19754

Actions (login required)

View Item View Item