MANAJEMEN MEDIA ALTERNATIF (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN MEDIA ONLINE ALTERNATIF MOJOK.CO DALAM PERKEMBANGAN MEDIA KONTEMPORER)

WINARDI, LAURENSIUS BAGUS (2019) MANAJEMEN MEDIA ALTERNATIF (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN MEDIA ONLINE ALTERNATIF MOJOK.CO DALAM PERKEMBANGAN MEDIA KONTEMPORER). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LAURENSIUS BAGUS WINARDI)
KOM05456.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masuknya internet dalam lanskap media di Indonesia membawa berbagai perubahan dalam perkembangan media kontemporer. Mulai dari bagaimana produksi konten media, distribusi, hingga strategi bisnis media yang dibungkus dalam media online. Perubahan ini berjalan beriringan dengan tren konvergensi dan konglomerasi media yang terjadi di Indonesia. Internet membuat informasi atau konten media dapat diproduksi dan menyebar dengan mudah, tentu saja kemudahan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti semakin masifnya pengguna media sosial yang berperan dalam penyebaran konten media ini. Kemudahan produksi konten membuat media menjadi bukan satu-satunya perusahaan yang memiliki akses produksi. Pendapatan utama media yang berasal dari iklan menjadi tidak mudah lagi didapat karena perusahaan media harus bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Hal ini membuat media online harus menerapkan strategi baru dalam menyiasati perkembangan ini yaitu dengan lebih memperbanyak konten. Banyaknya konten media di internet ternyata tidak diiringi oleh peningkatan kualitas konten yang diproduksi. Akibatnya, konten yang lalu-lalang di internet menjadi seragam karena tuntutan untuk meningkatkan kuantitas produksi. Hal ini menyebabkan lahirnya media yang berlandaskan dari komunitas untuk mencoba menghadirkan konten yang lebih beragam untuk pembaca dalam bentuk media alternatif. Mojok.co merupakan media alternatif yang bergerak secara online yang telah berdiri selama empat tahun. Lalu bagaimana Mojok.co dapat bertahan dari persaingan industri media kontemporer dengan batasannya sebagai media alternatif yang berlandaskan modal komunitas dan batasan lainnya? Penelitian manajemen media berusaha melihat bagaimana media dapat bertahan dari kondisi media kontemporer yang berlangsung. Konteks yang ada dalam penelitian ini adalah Mojok.co yang mengklaim dirinya sebagai media alternatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memaparkan bagaimana manajemen media alternatif Mojok.co dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan media kontemporer yang sedang berlangsung saat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Media, Media Alternatif, Konten Media, Perkembangan Internet.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:09
Last Modified: 04 Sep 2019 05:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item View Item