(RE)KONSTRUKSI IDENTITAS PEMUDA ADAT SEBAGAI PENGIKUT (FOLLOWERS) AKUN ForBALI DI INSTAGRAM (Studi Kasus Pemuda Adat Bali dalam Gerakan Bali Tolak Reklamasi)

Nawaputri, Ni Nyoman Miami (2019) (RE)KONSTRUKSI IDENTITAS PEMUDA ADAT SEBAGAI PENGIKUT (FOLLOWERS) AKUN ForBALI DI INSTAGRAM (Studi Kasus Pemuda Adat Bali dalam Gerakan Bali Tolak Reklamasi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ni Nyoman Miami Nawaputri)
KOM05235.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang diakses oleh berbagai kalangan, seperti pemuda adat Bali. Pemuda adat menggunakan Instagram untuk mengakses informasi, salah satunya adalah isu reklamasi Teluk Benoa. Isu ini diunggah ke Instagram oleh akun Instagram ForBALI dan dikonsumsi oleh pemuda adat, sehingga berdampak pada pembentukan identitas mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana (re)konstruksi identitas pemuda adat sebagai pengikut (follower) ForBali di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi menurut Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai (re)konstruksi identitas pemuda adat di Instagram sebagai pengikut (followers) ForBALI dalam kasus Bali Tolak Reklamasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa (re)konstruksi identitas pemuda adat di Instagram dikarenakan adanya pengetahuan serta pengalaman mereka mengenai isu reklamasi yang disosialisasikan ke masyarakat. Mereka memanfaatkan identitas ke-Bali-an untuk menarik perhatian masyarakat adat agar tertarik berpartisipasi bersama ForBALI. Selain itu, pemuda adat menjadikan momen ini sebagai langkah untuk menunjukkan eksistensi mereka agar dapat diakui dan diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, pemuda adat, followers, konstruksi identitas
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:00
Last Modified: 05 Sep 2019 02:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item