STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KONSELING YAYASAN GAYA DEWATA Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Program Konseling oleh Yayasan Gaya Dewata Periode 2019/2020

Nugraha, Giri (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KONSELING YAYASAN GAYA DEWATA Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Program Konseling oleh Yayasan Gaya Dewata Periode 2019/2020. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Giri Nugraha)
KOM04743.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender (LGBT) secara perseorangan dihadapkan oleh stigma negatif, diskriminasi, dan ancaman oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia dalam kurun tiga tahun belakangan ini, yang disebabkan oleh konstruksi sebagian besar masyarakat Indonesia yang heteronormatif. Menurut peneliti, setiap orang yang memiliki kesamaan nilai (shared value) berhubungan dengan identitas gender dan seksualitas dapat berkumpul secara kolektif membentuk sebuah komunitas. Komunitas, menurut peneliti, memiliki peran dan fungsi sebagai ruang atau media untuk berekspresi dengan menciptakan dialog-dialog terhadap isu-isu yang sensitif di ranah sosial dan politik yang terjadi di kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Selanjutnya, menurut peneliti, kelompok yang melakukan dialog-dialog tersebut merupakan sebuah strategi itu sendiri sebab kelompok tersebut merupakan sumber daya manusia yang memiliki potensi untuk menciptakan sebuah aksi kolektif yang evolutif dan holistik dalam menyuguhkan perencanaan komunikasi terhadap isu-isu yang sensitif atau dianggap tabu dikomunikasikan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia di ruang diskusi publik secara strategic dan melalui taktik yang operasional. Yayasan Gaya Dewata merupakan sebuah komunitas yang mengidentifikasi sebagai komunitas LGBT, sebuah strategi itu sendiri, yang kemudian mengolah permasalahan-permasalahan terkait stigma negatif yang diterima oleh kelompok LGBT dalam konteks kesetaraan di bidang kesehatan, kemudian menyuguhkan perencanaan komunikasi dalam konteks program konseling dengan fokus pada pencegahan kasus HIV dan penanganan penyakit AIDS dari komunitas, oleh komunitas, untuk komunitas LGBT. Yayasan Gaya Dewata merencanakan komunikasi yang strategik untuk program konseling melalui menentukan khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, kemudian menyeleksi dan menggunakan media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kelompok Marjinal , Perencanaan, Strategi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:41
Last Modified: 05 Sep 2019 02:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item