PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) “MITRA WACANA WOMEN RESOURCES CENTRE (WRC)” TERHADAP PUSAT PEMBELAJARAN PEREMPUAN DAN ANAK (P3A) SRIKANDI KABUPATEN KULON PROGO PERIODE 2018-2019

PUTRI, ANISTYA YUSTIKA (2019) PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) “MITRA WACANA WOMEN RESOURCES CENTRE (WRC)” TERHADAP PUSAT PEMBELAJARAN PEREMPUAN DAN ANAK (P3A) SRIKANDI KABUPATEN KULON PROGO PERIODE 2018-2019. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANISTYA YUSTIKA PUTRI)
KOM05696.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi persuasif LSM Mitra Wacana WRC terhadap P3A Srikandi di mana dalam proses ini, LSM Mitra Wacana WRC berperan sebagai persuader dan P3A Srikandi berperan sebagai persuadee. Adapun dalam penelitian ini, penulis menguraikan alur komunikasi persuasif pada saat LSM Mitra Wacana WRC mengadakan program “Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang Melalui Pendidikan Publik, Pengembangan Informasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah” untuk P3A Srikandi di mana LSM Mitra Wacana dalam program tersebut sudah melakukan Pelatihan Jurnalisme Warga dan Diskusi Undang-Undang Desa. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam terhadap tujuh narasumber. Adapun empat diantaranya berasal dari LSM Mitra Wacana WRC yaitu Manager Program, Koordinator Community Organizer, Community Organizer Tim Kulon Progo dan Koordinator Divisi Pendidikan. Penulis juga melakukan wawancara kepada pihak P3A Srikandi yaitu Ketua, Sekretaris, dan salah satu Anggota P3A Srikandi. Selain itu, penulis juga mengumpulkan data melalui akun Instagram, website, buletin resmi milik LSM Mitra Wacana WRC dan Proposal Program Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang Melalui Pendidikan Publik, Pengembangan Informasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan proses komunikasi persuasif yang dilalui, P3A Srikandi melakukan perubahan sikap setelah mendapatkan terpaan pesan persuasif LSM Mitra Wacana WRC di mana pesan tersebut disalurkan dalam bentuk pelatihan dan diskusi. Adapun perubahan sikap yang dialami oleh P3A Srikandi adalah mereka menjadi lebih aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang keadaan di sekitar kepada warga dan mengaplikasikan skill foto, video, dan menulis menggunakan prinsip 5W & 1H dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Persuasif, LSM, P3A, Perempuan.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:12
Last Modified: 05 Sep 2019 03:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item View Item