PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL MERAPI MERBABU YOGYAKARTA

Mayor, Adinda Desviola Iriani (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL MERAPI MERBABU YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Adinda Desviola Iriani Mayor)
EM29053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi karyawan mengenai gaya kepemimpinan ransforasional dan gaya kepemimpinan transaksional serta bagaimana pengaruh antara gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan oleh karyawan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Untuk mengetahui hasil dari data kuesioner yang didapatkan dari penelitian ini, maka digunakanlah analisis one sample t-Test sebagai alat uji anlisis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden selaku karyawan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta yang telah bekerja dalam kurun waktu minimal 1 tahun lamanya. Hasil yang didapatkan dari one sample t-Test memberikan bukti bahwa karyawan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta memiliki persepsi yang tinggi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional serta tingkat kepuasan kerja yang tinggi. Penelitian ini juga menggunakan metode regresi linear berganda sebagai alat uji selanjutnya dan hasil yang diberikan adalah bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Trnasformasional, Gaya Kepemimpinan Transaksional, dan Kepuasan Kerja.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:32
Last Modified: 10 Sep 2019 02:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19895

Actions (login required)

View Item View Item