PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta)

Invictorry, Bernadus Wihendo (2019) PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Bernadus Wihendo Invictorry)
EM19487.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komitmen karyawan yang tinggi pada oragnisasi merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan untuk tetap eksis dalam persaingan bisnis di masa yang akan datang. Pihak manajemen harus meningkatkan komitmen karyawan pada organisasi antara lain dengan mengusahakan peningkatan kepuasan kerja yang distimuli dengn memberikan dukungan bagi karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis peranan kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh dukungan organisasional terhadap komitmen karyawan pada organisasi. Penelitian mengambil sampel 57 orang karyawan tetap Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis one sample t-test, analisis regresi dan path analysis. Hasil penelitian memberikan informasi, 1) Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta memiliki penilaian yang baik pada variabel dukungan organisasional. 2) Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi. 3) Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta Baru memiliki tingkat komitmen organisasional yang tinggi. 4) Dukungan organisasional memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. 5) Dukungan organisasional dan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. 6) Kepuasan kerja memediasi sebagian pengaruh dukungan organisasional terhadap komitmen organisasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dukungan organisasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasional
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:38
Last Modified: 11 Sep 2019 02:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item