PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN TOKO PT CLANDYS SUKSES ABADI

Situmorang, Immanuel (2019) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN TOKO PT CLANDYS SUKSES ABADI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Immanuel Situmorang)
EM20039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan toko PT Clandys Sukses Abadi. Data primer diambil melalui kuesioner yang disebar di beberapa toko Clandys yang berada di Yogyakarta. Alat analisis yang dipergunakan utuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior adalah analisis uji regresi linier berganda. Fokus studi ini ditekankan pada komitmen organisasi sebagai cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan OCB pada perusahaan. Populasi penelitian ini berjumlah 90 orang dan 48 diantaranya dipilih sebagai sampel yang akan digunakan dalam penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan antara lain: 1) Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. 2) Komitmen afektif dan komitmen normatif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap OCB. Berdasarkan temuan-temuan penelitian tersebut, direkomendasikan agar perusahaan melakukan tindakan manajemen yang dapat memperbaiki komitmen organisasi karyawan sehingga dapat meningkatkan perilaku OCB pada karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komitmen organisasional, komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, komitmen normatif, organizational citizenship behavior (OCB).
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:43
Last Modified: 11 Sep 2019 02:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19936

Actions (login required)

View Item View Item