Respons Anak di Perkampungan Sosial Pingit Yogyakarta Tentang Iklan “Lifebouy Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2017”

PERDANA, WISNU (2019) Respons Anak di Perkampungan Sosial Pingit Yogyakarta Tentang Iklan “Lifebouy Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2017”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (WISNU PERDANA)
KOM04665.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respons anak di Perkampungan Sosial Pingit tentang iklan Lifebouy Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2017. Respons dapat juga diartikan sebagai suatu reaksi dan jawaban. Reaksi menurut stimulus-response merupakan efek yang ditimbulkan ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, artinya tidak semua stimulus direspons oleh organism. Respons diberikan terhadap stimulus yang ada persesuaian atau yang menarik perhatian komunikan. Sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkitakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan (Uchjana, 2003: 254), dan unsur-unsur modelnya dijabarkan menjadi teori SOR (Stimulus, Organism, Respons). Stimulus berupa pesan, Oraganism dibagi menajdi tiga variable yaitu Pengertian, Perhatian, dan Penerimaan. Sedangkan untuk Respons dibagi menjadi tiga hal yaitu Kognitf, Afektif, dan Konatif.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ekperimental yaitu dengan mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Narasumber berjumlah 5 narasumber yang masing-masing berada di kelas 4,5,6 SD. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Hasil yang didapatkan dari temuan data mengenai respon anak di Perkampungan Sosial Pingit tentang iklan Lifebouy Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2017. Peneliti mendapatkan bahwa respons yang didapatkan dalam hal Kognitif, Afektif dan Konatif para narasumber memiliki respon yang hampir sama setelah melihat iklan tersebut, Respons Kognitif para narasumber mengingat dan mengetahui tentang iklan Lifebouy, akan tetapi untuk tema dari iklan Lifebouy tersebut tentang Hari Cuci Tangan Sedunia narasumber tidak mengetahuinya. Respons Afektif para narasumber merasakan kekhawatiran bahwa ketika mereka tidak melakukan cuci tangan dengan benar maka mereka akan terkena penyakit. Lalu Respons Konatif bahwa para narsumber setelah melihat iklan tersebut mereka merasa ingin lebih rajin dan peduli lagi terhadap kesehatan mereka melalui cuci tangan dengan bersih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Respons, Iklan Lifebouy, Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2017
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 13 Sep 2019 05:09
Last Modified: 13 Sep 2019 05:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item