HUBUNGAN ORANG TUA DAN REMAJA DALAM FILM (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Film Gita Cinta dari SMA (1979) dan Galih dan Ratna (2017))

WIDYAWAN, LIEM, SANDRA CLARISSA (2019) HUBUNGAN ORANG TUA DAN REMAJA DALAM FILM (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Film Gita Cinta dari SMA (1979) dan Galih dan Ratna (2017)). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LIEM, SANDRA CLARISSA WIDYAWAN)
KOM05711.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan orang tua dan remaja dalam film Gita Cinta dari SMA (1979) dan Galih dan Ratna (2017). Bertujuan untuk melihat bagaimana film digunakan untuk menggambarkan fenomena hubungan orang tua dan remaja pada era 1970-an dan 2000-an. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumbangan pengetahuan mengenai deskripsi suatu fenomena dalam film. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penulis melakukan pembagian scene film, menganalisis dengan tabel signifier dan signified, kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu perbedaan tahun atau zaman mempengaruhi pengemasan film dalam menggambarkan hubungan orang tua dan remaja. Hubungan orang tua dan remaja pada tahun 1970-an digambarkan masih kaku dan melakukan komunikasi satu arah. Contohnya ditunjukkan pada scene di mana remaja takut untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang tua. Film Galih dan Ratna (2017) menunjukkan hubungan orang tua dan remaja yang lebih santai dan leluasa serta melakukan komunikasi dua arah. Hal ini digambarkan dalam scene di mana remaja sudah berani untuk mengungkapkan keinginannya kepada orang tua hingga adanya diskusi dan perdebatan antara orang tua dan remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanda, orang tua, remaja, film
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 13 Sep 2019 05:44
Last Modified: 13 Sep 2019 05:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19956

Actions (login required)

View Item View Item