MANAJEMEN MEDIA MAINBASKET DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Manajemen Media MAINBASKET untuk Membangun Eksistensi Media di Era Digital)

SANJAYA, ROBERTUS HARYO (2019) MANAJEMEN MEDIA MAINBASKET DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Manajemen Media MAINBASKET untuk Membangun Eksistensi Media di Era Digital). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ROBERTUS HARYO SANJAYA)
KOM04994.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Majalah, Instagram, website dan event merupakan media-media yang dapat digunakan untuk memberikan informasi sesuai dengan tujuan komunikasi yang telah ditetapkan. Penggunaan media-media tersebut digunakan oleh MAINBASKET sebagai upaya untuk membangun eksistensi media di era digital. Majalah meskipun merupakan media tradisonal namun memiliki nilai otentik dari sebuah merek sehingga tetap digunakan oleh MAINBASKET. Instagram dan website merupakan media berbasis internet yang banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memasarkan barang atau jasa. Event merupakan salah satu pagelaran yang dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan promosi atau hanya sekedar membangun interaksi dengan pengunjung event. Penelitian ini berupaya untuk menjawab bagaimana manajemen media yang dilakukan oleh MAINBASKET untuk membangun eksistensi media yang mereka miliki. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam terhadap 3 narasumber utama yang berkecimpung langsung di MAINBASKET. Data lain yang digunakan di dalam penelitian ini adalah foto dan dokumen dari Instagram maupun website MAINBASKET sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan jika MAINBASKET memiliki ciri khas dalam menyajikan berita seputar basket baik internasional maupun nasional yang diterapkan di majalah, Instagram dan website. MAINBASKET lebih memilih untuk mengangkat isu atau fakta yang tidak dibahas secara mendalam oleh mediamedia lain. Model penyajian berita seperti itu disukai oleh konsumen MAINBASKET sehingga menjadikan berita yang dikeluarkan MAINBASKET sering menjadi viral. MAINBASKET masih belum bisa memaksimalkan kesempatan untuk membangun emosi pengunjung ketika membuat atau mengikuti event dan hanya berinteraksi biasa dengan konsumen MAINBASKET. MAINBASKET juga mengintegrasikan antara Instagram dengan website dan sebaliknya meskipun masih memiliki kekurangan yang seharusnya bisa dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen media, mainbasket, era digital, eksistensi media
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:03
Last Modified: 30 Sep 2019 02:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item