STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) D.I.YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI

Putri, Asteria Agusti Yuwita (2019) STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) D.I.YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Asteria Agusti Yuwita Putri)
KOM05599.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi bencana BPBD DIY dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan akan strategi komunikasi bencana seperti apa yang dibuat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DIY sehingga program rancangan kontinjensi, pemberdayaan masyarakat, pemberian informasi, pembuatan skenario, alur penanganan kedaruratan, dan rehabilitasi dan rekonstruksi. Strategi komunikasi bencana merupakan kegiatan yang dibuat dan dilakukan dalam pengiriman serta penerimaan pesan yang disampaikan komunikator, untuk mengubah tingkah laku masyarakat yang disampaikan dengan ide-ide yang baru, dalam konteks kebencanaan pada saat prabencana, saat terjadi bencana, dan menimbulkan respons dari masyarakat. Strategi merupakan turunan dari strategi komunikasi dan komunikasi bencana. Strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Middleton dalam Cangara 2008 menyatakan bahwa strategi komunikasi adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media), penerima sampai pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal sedangkan komunikasi bencana proses pembuatan, pengiriman, dan penerimaan pesan oleh satu orang atau lebih, secara langsung, maupun melalui media, dalam konteks kebencanaan pada saat prabencana, saat terjadi bencana, pasca bencana dan menimbulkan respons ataupun umpan balik (Lestari 2018). Strategi komunikasi bencana dalam penanggulangan bencana ini masuk ke dalam ranah komunikasi dan rancangan kontinjensi dan lebih foKus ke dalam perubahan perilaku masyarakat agar lebih siap dan waspada dalam mengahadapi bencana. Startegi komunikasi bencana dalam penanggulangan bencana secara perlahan dan dilakukan sedini mungkin diharap akan menunjukkan dampak positif bagi masyarakat yakni mengubah perilaku masyarakat dan meningkatkan mobilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Bencana, Penanggulangan Bencana.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:33
Last Modified: 30 Sep 2019 02:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item