KONDISI DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA PADA ERA TEKNOLOGI DIGITAL

Setyabudi, Gregorius Kurniawan (2019) KONDISI DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA PADA ERA TEKNOLOGI DIGITAL. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
146078000.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
146078001.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
146078002.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
146078003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
146078004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB V)
146078005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
146078006.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Teknologi dalam dunia industri telah berkembang selama lebih dari 200 tahun untuk meningkatkan produktivitas. Perkembangan ditunjukkan oleh adanya tiga revolusi industri sebelumnya, yaitu mekanisasi (didukung dengan mesin uap) pada tahun 1800-an, produksi masal (didukung dengan listrik dan jalur perakitan) pada awal tahun 1900-an, dan otomatisasi (didukung oleh komputer) pada akhir tahun 1900-an. Kemajuan dunia industri pada masa sekarang ini mulai ramai dengan teknologi-teknologi baru. Perkembangan dan pergeseran teknologi pada industri tidak hanya berdampak kepada para pelaku usaha saja namun berdampak juga pada perguruan tinggi. Kurikulum dan materi pada perguruan tinggi diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi adanya revolusi tersebut salah satunya adalah dengan memberikan ilmu pendidikan entrepreneurship karena pada masa kini terdapat krisis dan tingkat pengangguran yang tinggi, pasar tenaga kerja semakin memerlukan sarjana dengan keterampilan tambahan pada diri mereka sendiri. Kurikulum dan materi pada perguruan tinggi diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi adanya revolusi tersebut. Ekosistem pembelajaran kewirausahaan adalah lingkungan yang ideal untuk mendorong timbulnya pemikiran kreatif dan merangsang peluang wirausaha dari Mahasiswa dan Universitas. Rippa dan Secundo (2018), memberikan gambaran ideal tentang bagaimana bentuk pendidikan kewirausahaan dengan masuknya teknologi digital dalam bentuk konsep-konsep yang dibagi menjadi empat hal yaitu Why, What, Who, dan How. Dengan kondisi iklim kewirausahaan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang belum terlihat, perlu diketahui kondisi dan tantangan yang dihadapi terkait dengan implementasi pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi, terutama dalam menghadapi pesatnya New Digital Technology.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship, New Digital Technology, Tree Diagram, Affinity Diagram, T-Matrix Diagram.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:56
Last Modified: 01 Oct 2019 06:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item