PROSES KOMUNIKASI SUKU DAYAK DESA DI DALAM RUMAH BETANG ENSAID PANJANG (Analisis Deskriptif Kualitatif Suku Dayak Desa di Desa Ensaid Panjang, Kabupaten Sintang)

Pranowo, Dwi Hendro (2019) PROSES KOMUNIKASI SUKU DAYAK DESA DI DALAM RUMAH BETANG ENSAID PANJANG (Analisis Deskriptif Kualitatif Suku Dayak Desa di Desa Ensaid Panjang, Kabupaten Sintang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dwi Hendro Pranowo)
KOM05302.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Suku Dayak Desa memiliki budaya serta tradisi yang dijaga dan dilestarikan hingga saat ini. Salah satunya adalah rumah adat yang bernama Rumah Betang. Rumah Betang memiliki bentuk bangunan panggung dengan bentuk memanjang dengan bahan bangunan merupakan kayu, di dalam Rumah Betang ditinggali oleh belasan kepala keluarga hingga lebih. Rumah Betang yang dimiliki oleh Suku Dayak Desa bernama Rumah Betang Ensaid Panjang, dan masyarakat yang tinggal di dalamnya menjadi kelompok kecil yang saling menjalankan proses komunikasi dalam mempertahankan kehidupan serta melestarikan kebudayaan mereka Penelitian ini menggunakan teori komunikasi kelompok untuk melihat bagaimana Suku Dayak Desa berdinamika sebagai sebuah kelompok di dalam Rumah Betang Ensaid Panjang. Teori lainnya yaitu teori komunikasi budaya, melihat bagaimana bentuk kebudayaan yang terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Suku Dayak Desa melalui proses komunikasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitaif untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail. Proses mendapat informasi yang dibutuhkan melalui tahap wawancara kepada masyarakat Suku Dayak Desa yang tinggal di dalam Rumah Betang Ensaid Panjang. Informasi yang diterima peneliti cukup beragam. Hal tersebut dikarenakan pengalaman setiap narasumber yang berbeda. Kesimpulan pada penelitian ini akan menjelaskan bagaimana proses komunikasi yang dilakukan masyarakat Suku Dayak Desa di dalam Rumah Panjang Ensaid Panjang dalam menjalankan fungsi-fungsi sebagai kelompok serta unsur-unsur dalam komunikasi budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses komunikasi, komunikasi kelompok, komunikasi budaya, Suku Dayak)
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:28
Last Modified: 09 Oct 2019 06:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item