STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “GUDEG CAKAR BU KASNO MARGOYUDAN” DALAM USAHA MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS KULINER

WANGI, NAWANG WARIH (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “GUDEG CAKAR BU KASNO MARGOYUDAN” DALAM USAHA MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS KULINER. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (NAWANG WARIH WANGI)
KOM05353.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media digital dan media konvensional saling melengkapi satu sama lain. Pelaku bisnis kuliner perlu mengingat jargon “The power of social media”, pelaku bisnis kuliner pun sebaiknya memiliki situs web atau portal khusus, akun Instagram, Twitter, dan sosial media lainnya yang dapat digunakan sebagai media untuk menyebarkan dan membagikan informasi positif. Promosi melalui media konvensional pun masih relevan digunakan sebagai media promosi, terutama untuk promosi bisnis offline seperti bisnis kuliner yang dilakukan oleh “Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan”. Namun hingga tahun 2019 “Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan” dapat bertahan ditengah persaingan bisnis kuliner meski tidak pernah menggunakan media konvensional atau media sosial sebagai media promosi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakakan oleh “Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan” dalam usaha untuk menghadapi persaingan bisnis kuliner. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil wawancara, obsevasi, dan dokumentasi dianalisis berdasarkan elemen-elemen dari strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perpaduan antara perencanaan (planning) dan manajemen (management) (Effendy, 2003 h. 301). George R. Terry (1977, h. 34-36) membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling yang disingkat POAC. Komunikasi pemasaran diimplementasikan dengan 4P yang terdiri dari product, price, place, dan promotion yang dipadukan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target (Kotler & Armstrong, 2008: 62-63). Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa “Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan” memiliki strategi dalam mengimplementasikan setiap elemen 4P. “Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan” tidak menerapkan semua cara dalam melakukan promosi, namun mereka menerapkan Public Relations and Publicity dan pemasaran dari mulut. Strategi tersebut berhasil membuat mereka bertahan dalam persaingan bisnis kuliner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Kuliner
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 01:53
Last Modified: 10 Oct 2019 01:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item