CITRA JOKOWI DI MEDIA INTERNASIONAL (Studi Analisis Framing mengenai Kecenderungan Pemberitaan Jokowi di Media Sydney Morning Herald Periode September-Oktober 2018)

ASTUTI, CHRISTIANA SILVIA WIDY (2019) CITRA JOKOWI DI MEDIA INTERNASIONAL (Studi Analisis Framing mengenai Kecenderungan Pemberitaan Jokowi di Media Sydney Morning Herald Periode September-Oktober 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTIANA SILVIA WIDY ASTUTI)
KOM05625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)

Abstract

Media massa Australia Sydney Morning Herald (SMH) memiliki sejarah panjang yang berperan dalam memberitakan Indonesia pada publik Australia dan dunia Internasional. Karakter pemberitaan yang kritis dengan menganut press freedom direpresentasikan melaui tulisan dalam artikel yang dimuat pada surat kabar SMH. Kritik mengenai kebijakan dan langkah-langkah yang diambil Pemerintah Indonesia sejak era Soekarno hingga pada era Jokowi terus berlangsung. Begitu pun kebijakan Presiden Joko Widodo yang memberikan kontrol selama masa darurat bencana untuk evakuasi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala menuai kritik dan pro kontra. Penelitian ini masuk pada kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis framing Pan dan Konsicky. Pemetaan konstruksi realitas yang dibentuk oleh media juga dipaparkan menggunakan teori konstruksi realitas dari Shoemaker dan Reese. Adapun data-data yang digunakan oleh peneliti berupa data klipping artikel media Sydney Morning Herald mengenai bencana di Palu dan Donggala dalam kurun waktu 14 hari darurat bencana (28 Oktober-11 Oktober 2018) Framing di sepuluh artikel yang terbit pada surat kabar Sydney Morning Herald (SMH) memiliki potensi menggiring pembaca untuk menginterpretasikan Jokowi cenderung ke arah negatif. Bahwa media tidak hanya memberikan arahan how to think melainkan how to think about. Sebagaimana hal itu telah mempengaruhi citra Jokowi di dunia Internasional melalui konstruksi realitas media yang dibangun menggunakan statement narasumber. Pernyataan kurang respect terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia sebagai indikator yang membuktikan bahwa figure Jokowi ditampilkan sebagai citra pemerintah yang negatif melalui serangkaian pemberitaan SMH dalam 14 hari darurat bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, citra, konstruksi realitas, media massa, pemerintah, dan bencana.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:42
Last Modified: 10 Oct 2019 02:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item