Strategi Komunikasi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dalam Menyosialisasikan Peraturan Gubernur No. 49 Tahun 2018 Tentang Prosedur Permohonan Pemanfaatan Tanah Kesultanan

Simamora, Hani Julita (2019) Strategi Komunikasi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dalam Menyosialisasikan Peraturan Gubernur No. 49 Tahun 2018 Tentang Prosedur Permohonan Pemanfaatan Tanah Kesultanan. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Hani Julita Simamora)
KOM05529.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan-permsalahan pertanahan SG dan PAG mengindikasikan bahwa lembaga pertanahan harus membuat aturan yang kuat sehingga pengelolaan tanah SG dan PAG menjadi lebih baik dan mengantisipasi terjadinya pelanggaran pada penggunaan tanah SG dan PAG. Maka pemerintah mengeluarkan peraturan Gubernur No. 49 Tahun 2018 Tentang Prosedur Pemanfaaan tanah Kasultanan untuk menata proses perizinan dalam penggunaan tanah Kasultanan. Regulasi yang baru ini tentu membutuhkan sosialisasi ke masyarakat, maupun ke pihak-pihak lainnya yang bersangkutan seperti lembaga desa ataupun instansi-instansi pemerintahan di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dalam Menyosialisasikan Peraturan Gubernur No. 49 Tahun 2018 Tentang Prosedur Permohonan Pemanfaatan Tanah Kasultanan. Dengan menggunakan wawancara mendalam, penelitian ini berusaha mendeskrispikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dipertaru DIY untuk menginformasikan Peraturan Gubernur No. 49 Tahun 2018 Tentang Prosedur Permohonan Pemanfaatan Tanah Kasultanan. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi oleh Assifi and Franch untuk menganalisis strategi komunikasi dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dispertaru DIY menetapkan strategi komunikasi pada kegiatan sosialisasi sebagai sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk memberikan informasi agar masyarakat tertib administrasi. Penetapan strategi komunikasi dilakukan oleh Dispertaru DIY mengacu pada pengertian strategi komunikasi oleh Effendy yang menjelaskan strategi komunikasi adalah paduan perencanaan komunikasi dengan manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang dikaitkan dalam aktivitas sosialisasi ini yaitu yaitu tertib administasi. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dispertaru dianalisis dengan model perencanaan komunikasi oleh Assifi and French meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bahwa strategi yang dirancang oleh Dispertaru DIY merupakan sebuah tindakan komunikasi. Penentuan strategi komunikasi yang ada di dalam sosialisasi melibatkan komponen-komponen dalam perencanaan komunikasi telah memenuhi konsep untuk menjabarkan sebuah strategi komunikasi. Strategi komunikasi yang dirancang oleh Dispertaru DIY akan menjadi maksimal jika lebih memperhatikan lagi proses secara keseluruan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dispertaru DIY, Strategi Komunikasi, Tanah, Sosialisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:07
Last Modified: 10 Oct 2019 03:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item