PENGARUH TINGKAT TERPAAN VIDEO EDUKASI BAHASA INGGRIS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GURUKUMRD EDISI BULAN FEBRUARI 2019 TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN FOLLOWER TENTANG BAHASA INGGRIS

PURBA, MONALDO (2019) PENGARUH TINGKAT TERPAAN VIDEO EDUKASI BAHASA INGGRIS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GURUKUMRD EDISI BULAN FEBRUARI 2019 TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN FOLLOWER TENTANG BAHASA INGGRIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MONALDO PURBA)
KOM05833.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi edukasi tentang Bahasa Inggris untuk meningkatkan pengetahuan khalayak tentang Bahasa Inggris dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Proses pemberian informasi edukasi tentang Bahasa Inggris yang awalnya hanya dilakukan melalui pendidikan formal di sekolah atau lembaga belajar, kini dapat dilakukan dengan secara online karena adanya media berbasis internet, seperti media sosial Instagram. Penelitian dalam skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat terpaan media sosial Instagram @gurukumrd terhadap tingkat pengetahuan follower tentang Bahasa Inggris. Penelitian ini bermetode kuantitatif dan bersifat eksplanatif, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan studi pustaka dengan teknik uji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, juga teknik pengolahan data berupa analisis uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat terpaan media sosial Instagram @gurukumrd berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan follower tentang Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari hasil olahan temuan data menggunakan program komputer SPSS seri 20, bahwa terpaan media sosial Instagram @gurukumrd mampu menjelaskan pengetahuan follower akan Bahasa Inggris sebesar 13,3%, sedangkan 86,7% pengaruh lainnya berasal dari dari luar variabel penelitian yang diteliti. Selain itu, faktor usia, tingkat pendidikan, lama waktu kerja, dan derajat familiaritas lingkungan tentang Bahasa Inggris turut berpengaruh secara signifikan pada terjadinya pengaruh tingkat terpaan media sosial Instagram @gurukumrd terhadap tingkat pengetahuan follower tentang Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, edukasi, pengetahuan, terpaan media
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:02
Last Modified: 10 Oct 2019 06:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item