STRUKTUR DAN FORMAT PESAN KOMUNIKASI PERSUASIF (Studi Deskriptif Kualitatif Sosialisasi Program FKDM Dari Pemkab Sleman Kepada KIM Kecamatan Turi Sleman Pada Periode 2019)

RANTIKANIA, FIRA (2019) STRUKTUR DAN FORMAT PESAN KOMUNIKASI PERSUASIF (Studi Deskriptif Kualitatif Sosialisasi Program FKDM Dari Pemkab Sleman Kepada KIM Kecamatan Turi Sleman Pada Periode 2019). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FIRA RANTIKANIA)
KOM04627.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Struktur dan format dalam pesan mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan komunikasi persuasi. Pesan persuasif merupakan kunci dalam mempermudah persuasi. Pesan persuasif berisi argumentasi untuk memperkuat makna pesan yang diinginkan persuader untuk mengubah atau menanamkan gagasan pemikiran, sehingga membutuhkan faktor-faktor yang menjadikan pesan tersebut menjadi pesan persuasif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Penulis menganalisis dengan cara mendeskriptifkan temuan data yang sudah diorganisir, sesuai berdasarkan kriterita penelitian yang diteliti. Temuan data dianalisis dan dibantu dengan menggunakan triangulasi data untuk membantu menemukan faktor pesan persuasif yang digunakan. FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat merupakan porgram baru yang diusut Pemeintah Kabupaten Sleman pada tahun 2019. Untuk membantu kinerja FKDM membutuhkan sebuat mitra kerja untuk mempermudah penyebaran informasi. KIM (Komunikasi Inforamasi Masyarakat) merupakan komunitas masyarakat dalam menyampaikan dan menyebarluaskan informasi. FKDM memilih KIM Kertomandiri untuk melihat apakah FKDM berhasil dijalankan sebelum diterapkan ke KIM lainnya, sehingga diperlukan sosialisasi dengan komunikasi yang menggandung pesan perusasif yang bertujuan untuk menanamkan pemikiran, membujuk, dan mempengaruhi KIM Kertomandiri sehingga mau menerima dan menjalankan program dari FKDM. Hasil studi ini diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan dalam studi mengenai faktor pesan persuasif. Menjadikan pesan tersebut mempunyai nilai persuasi, sehingga memudahkan persuader dalam menciptakan makna pesan sesuai yang dinginkan tanpa ada keterpaksaan dalam diri khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktur dan format pesan, pesan persuasif, komunikasi persuasif
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:04
Last Modified: 16 Oct 2019 04:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item