KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PEMERINTAHAN DAERAH PADA ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Daerah Kabupaten Sintang Melalui Aplikasi Senentang)

Putra, Shantana Wira (2019) KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PEMERINTAHAN DAERAH PADA ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Daerah Kabupaten Sintang Melalui Aplikasi Senentang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Shantana Wira Putra)
KOM05632.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pembentukan konsep diri anak penderita lupus berdasarkan teori interaksionisme simbolik di komunitas Sahabat Cempluk. Penelitian ini menggunakan teori yaitu model komunikasi dan konsep diri dalam teori interaksionisme simbolik. Kedua teori tersebut digunakan untuk menjawab proses komunikasi yang dilakukan antara anak dengan significant others dan mengetahui konsep diri yang dimiliki oleh anak penderita lupus tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui konsep diri dan pembentukan konsep diri anak penderita lupus menggunakan teori interaksionisme simbolik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi dengan tujuh orang narasumber yaitu sekretaris Sahabat Cempluk serta tiga pasang ibu dan anak penderita lupus yang menjadi anggota komunitas Sahabat Cempluk. Peneliti menemukan kesimpulan bahwa pembentukan konsep diri individu dipengaruhi oleh pesan baik verbal dan nonverbal yang disampaikan oleh significant others. Dalam penelitian ini significant others bagi anak penderita lupus adalah ibu dan komunitas. Oleh karena itu, dengan mengetahui dan memahami konsep diri anak maka orang terdekatnya dapat bersikap dan memberikan dukungan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh anak sehingga komunikasi yang dilakukan lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Interaksionisme Simbolik, Lupus
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:14
Last Modified: 17 Oct 2019 01:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item