PENGARUH SIKAP PADA LINGKUNGAN, KETERLIBATAN PADA LINGKUNGAN, EFEKTIVITAS PERILAKU LINGKUNGAN YANG DIRASAKAN, DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK HIJAU (Studi Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Manurung, Windu Ardhanari (2019) PENGARUH SIKAP PADA LINGKUNGAN, KETERLIBATAN PADA LINGKUNGAN, EFEKTIVITAS PERILAKU LINGKUNGAN YANG DIRASAKAN, DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK HIJAU (Studi Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Windu Ardhanari Manurung)
EM21330.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Masyarakat dan perusahaan harus memiliki orinetasi pada pelestarian lingkungan hidup. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kesediaan masyarakat untuk bersedia membeli produk hijau (produk ramah lingkungan). Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen pada produk hijau. Sikap pada lingkungan, keterlibatan pada lingkungan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, dan kesadaran lingkungan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian produk hijau. Penelitian ini dilakukan pada 200 orang mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya yang pernah mengkonsumsi dan membeli ulang produk-produk ramah lingkungan dalam 6 bulan terakhir. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) responden memiliki sikap pada lingkungan, keterlibatan pada lingkungan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, kesadaran lingkungan dan perilaku pembelian produk hijau yang baik atau tinggi. 2) Sikap pada lingkungan, keterlibatan pada lingkungan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, dan kesadaran lingkungan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian produk hijau. 3) Konsumen perempuan lebih memiliki sikap yang baik untuk melestarikan lingkungan hidup dengan mengkonsumsi produk hijau dibandingkan konsumen laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap pada lingkungan, keterlibatan pada lingkungan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, kesadaran lingkungan, pembelian produk hijau.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:54
Last Modified: 21 Oct 2019 01:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item View Item