PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI ORDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE UNTUK REVITALISASI UPT RAGAM METAL YOGYAKARTA

A Deo, Skolastika Gratia Magna (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI ORDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE UNTUK REVITALISASI UPT RAGAM METAL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI07886 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI07886 1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TI07886 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB III)
TI07886 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB IV)
TI07886 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text (BAB V)
TI07886 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
TI07886 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VII)
TI07886 7.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VIII)
TI07886 8.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ragam Metal merupakan usaha yang bergerak dalam bidang kebutuhan rumah tangga yang berbahan logam. UPT Ragam Metal beralamat di JL. Wonosari KM 8, Sekarsuli, Berbah, Sleman, D.I. Yogyakarta. UPT Ragam Metal menjadi tanggung jawab dari Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPTTG) dan sedang melakukan revitalisasi setelah 13 tahun berhenti beroperasi. Revitalisasi UPT Ragam Metal memerlukan perencanaan ulang termasuk dalam hal perencanaan proses bisnis dan sistem informasinya. Permasalahan yang terjadi di BPTTG menjadi acuan permasalahan di UPT Ragam Metal yaitu laporan transaksi sering hilang dan penghitungan biaya memakan waktu yang lama. Penelitian sebelumnya menghasilkan hasil riset pasar serta analisis proses produk sehingga langkah selanjutnya adalah merancang proses bisnis dan sistem informasi yang berhubungan dengan transaksi di UPT Ragam Metal. Pemetaan proses bisnis transaksi order memerlukan data berupa mekanisme kerja yang dihasilkan dari proses wawancara dengan pengurus UPT Ragam Metal dan pihak BPTTG. Setelah pemetaan proses bisnis maka perlu dilakukan evaluasi proses bisnis untuk mendapatkan perbaikan proses bisnis. Setelah perbaikan proses bisnis dipetakan maka sistem informasi dapat dirancang dengan menggunakakan metode System Development Life Cycle yang terdiri dari perencanaan data, analisis dan desain sistem, serta implementasi. Hasil yang diperoleh dengan metode perancangan ini telah dievaluasi dan menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi untuk UPT Ragam Metal mampu merekap data-data transaksi dan membuat laporan transaksi secara otomatis sehingga laporan transaksi yang telah direkap tidak akan hilang serta perhitungan biaya tidak dilakukan secara manual lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Sistem Informasi, System Development Life Cycle
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:17
Last Modified: 28 Oct 2019 03:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item