PEMBANGUNAN APLIKASI CHATBOT INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

PUTRA, ANDIKA PRATAMA (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI CHATBOT INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TF08201 0.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF08201 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TF08201 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
TF08201 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
TF08201 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB V)
TF08201 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF08201 6.pdf

Download (234kB) | Preview
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di universitas biasanya sudah tersedia di web resmi universitas. Untuk informasi lebih lengkap biasanya kampus menyediakan kontak yang dapat dihubungi. Namun jika banyak orang yang menelpon untuk mencari info maka petugas akan kebingungan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membuat sebuah Chatbot. Penerapan Chatbot biasanya digunakan sebagai pengganti dari customer service yang akan menjawab pertanyaan. Chatbot dapat membantu memberikan informasi yang lebih detail dari sebuah situs atau acara yang ada seperti halnya customer service. Penerapan Chatbot ini dapat dilakukan untuk membantu program penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Chatbot ini menjawab setiap pertanyaan pengguna berdasarkan informasi yang dimiliki Chatbot yang berupa dataset pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh calon mahasiswa. Chatbot ini dibangun menggunakan model Retrieval Based yang diintegrasikan dengan TFIDF serta Cosine similarity yang akan menghitung bobot dari pertanyaan yang diberikan dengan data yang ada di dataset, lalu mengembalikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan tadi. Model ini digunakan karena model ini hanya akan mengeluarkan jawaban yang hanya ada di sumber informasinya, jadi data yang di berikan adalah data yang valid dan tidak asal. Dengan dataset yang sudah dibangun model dari Chatbot akan diterapkan kedalam web melalui Webservice. Agar pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah. Penggunaan Chatbot ini diharapkan dapat membantu customer service atau petugas dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pengguna. Kata kunci : Chatbot, Retrieval Based Model, TFIDF, Tokenisasi, Preprocessing.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:33
Last Modified: 31 Oct 2019 07:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20597

Actions (login required)

View Item View Item