REVITALISASI NDALEM TEJOKUSUMAN DI YOGYAKARTA MENJADI SANGGAR DAN MUSEUM SENI TARI DENGAN ANALOGI SARI TUNGGAL

KUSUMA, GIANNY ANGGER (2019) REVITALISASI NDALEM TEJOKUSUMAN DI YOGYAKARTA MENJADI SANGGAR DAN MUSEUM SENI TARI DENGAN ANALOGI SARI TUNGGAL. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TA15781 0.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA15781 1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TA15781 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TA15781 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB IV)
TA15781 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA15781 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TA15781 6.pdf

Download (556kB)

Abstract

Menurut International Council of Museum (ICOM), museum adalah lembaga non-profit yang bersifat permanen yang melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum yang bertugas untuk mengumpulkan, melestarikan, meneliti, mengkomunikasikan, dan memamerkan warisan sejarah kemanusiaan yang berupa benda terwujud dan tak terwujud beserta lingkungannya untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan hiburan. Pengertian Museum Seni Tari adalah museum yang memberikan informasi dengan menampilkan benda-benda koleksi yang berkaitan dengan Seni Tari. Museum Seni Tari ini terletak di Rumah Tradisional Jawa Yogyakarta yaitu Ndalem Tejokusuman. Tidak hanya berfungsi sebagai Museum, sejak tahun 1918 Ndalem Tejokusuman telah berfungsi sebagai tempat pelatihan dan pementasan Sanggar tari klasik bernama Krida Beksa Wirama dan Pencak Silat Krishnamurti. Dengan adanya kegiatan tersebut di dalam Museum, diharapkan Ndalem ini dapat menjadi living museum. Pengertian living museum adalah sebagai salah satu strategi pelestarian rumah tradisional jawa sebagai bangunan cagar budaya yang mulai tergeser keberadaannya akibat perkembangan penduduk yang berdampak pada ketersediaan lahan semakin terbatas karena meningkatkan kebutuhan sarana prasarana. Halhal tersebut dapat menggeser keberadaan bangunan tua pembentuk karakter kawasan. Situasi ini membutuhkan langkah masa depan yang berkelanjutan untuk menjadikan Ndalem sebagai living museum dengan pertimbangan nilai arsitektur, pengelolaan, fungsi, dan kelayakan bangunan. Revitalisasi Ndalem Tejokusuman di Yogyakarta menjadi Sanggar dan Museum Seni Tari ini akan menyesuaikan dengan ruang dalam dan ruang luar Ndalem yang telah ada. Macam-macam materi obyek pamer yang akan dipamerkan adalah tentang sejarah dan perkembangan pendiri sanggar tari Krida Beksa Wirama, pemaparan macam pencak silat, tari klasik dan non klasik Yogyakarta, karya-karya yang dihasilkan pendiri hingga busana serta properti yang digunakan untuk tarian di Krida Beksa Wirama. Informasi dari materi yang akan dipamerkan dapat menjadi terlalu monoton apabila tidak didukung oleh penataan koleksi dan suasana ruang yang rekreatif/menarik. Akan tetapi informasi tersebut juga harus bersifat mendidik atau mudah dipahami sehingga juga harus bersifat edukatif. Salah satu bentuk penyelesaian dari permasalahan tersebut digunakan suatu pendekatan arsitektur berupa analogi hakikat tari klasik Yogyakarta yang dikaitkan dengan tari Sari Tunggal Tejokusuman dengan memadukan arsitektur tradisional jawa yang telah melekat pada Ndalem. Dengan demikian Sanggar dan Museum Seni Tari Tejokusuman dapat menjadikan Ndalem sebagai living museum yang edukatif dan rekreatif pada tata ruang dalam dan tata ruang luar dengan memadukan arsitektur tradisional Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Living Museum, Museum Seni Tari, Revitalisasi Ndalem, Pengolahan Tata Ruang Dalam dan Luar, Suasana edukatif dan rekreatif
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 04 Nov 2019 04:00
Last Modified: 04 Nov 2019 04:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20610

Actions (login required)

View Item View Item