PENGARUH PARTISIPASI INVESTOR INDIVIDUAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PERBEDAAN OPINI INVESTOR DENGAN FENOMENA UNDERPRICING PADA PASAR PENAWARAN SAHAM UMUM PERDANA (IPO) TAHUN 2016-2018 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Mardita, Elisabeth Vania (2019) PENGARUH PARTISIPASI INVESTOR INDIVIDUAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PERBEDAAN OPINI INVESTOR DENGAN FENOMENA UNDERPRICING PADA PASAR PENAWARAN SAHAM UMUM PERDANA (IPO) TAHUN 2016-2018 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
EM21959 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
EM21959 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB II)
EM21959 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
EM21959 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB IV)
EM21959 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB V)
EM21959 5.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh partisipasi investor individual terhadap hubungan antara perbedaan opini investor dengan fenomena underpricing pada pasar penawaran saham perdana (Initial Public Offering / IPO) di Indonesia. Perbedaan opini investor diukur dengan abnormal turnover saham pada penjualan hari pertama. Fenomena underpricing dilihat dari Initial Return (IR) saham pada penjualan hari pertama. Partisipasi investor diukur dengan membandingkan antara jumlah investor individual dari saham yang melakukan penawaran perdana dibandingkan dengan jumlah saham beredar. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan yang melakukan pencatatan saham pada tahun 2016-2018 di Bursa Efek Indonesia. Hipotesis untuk memberikan bukti hubungan antara perbedaan opini investor dengan fenomena underpricing pada saat penawaran saham perdana diukur dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hipotesis untuk memberikan bukti pengaruh partisipasi investor individual terhadap hubungan antara perbedaan opini investor dengan fenomena underpricing pada saat penawaran saham perdana diukur dengan menggunakan uji nilai selisih mutlak. Semua uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan program SPSS Statistic Ver.17.0 for Windows. Pengambilan keputusan hipotesis dilakukan dengan membandingkan adjusted R2 atau koefisien determinasi dan membandingkan nilai signifikansi koefisien regresi dari kedua uji hipotesis tersebut. Hasil dari penelitian ini melihat adanya hubungan dengan arah negatif dan signifikan antara perbedaan opini investor terhadap fenomena underpricing pada saat IPO namun partisipasi investor individual tidak mempengaruhi hubungan antara kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Opini Investor, Abnormal Turnover, Underpricing, Penawaran Saham Umum Perdana, dan Partisipasi Investor Individual.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 Nov 2019 05:55
Last Modified: 06 Nov 2019 05:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20642

Actions (login required)

View Item View Item