EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (Studi Kasus Jalan Wates Km 6 – Km 9, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

SEWA, OCTOVIANUS APOLOS YEE (2019) EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (Studi Kasus Jalan Wates Km 6 – Km 9, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS15502 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS15502 1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TS15502 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB III)
TS15502 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (BAB IV)
TS15502 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB V)
TS15502 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS15502 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekarang ini seiring perkembangan jaman, kebutuhan akan sarana transportasi pun meningkat. Pembangunan infrastruktur sarana transportasi sangat dibutuhkan demi untuk mempermudah dan membantu para pengguna transportasi darat. Prasarana transportasi darat tidak terlepas dari penerangan jalan yang baik dan benar. Prasarana transportasi yang baik meliputi penerangan jalan yang baik pula. Penerangan jalan yang baik harus menerangi jalan dan lingkungan sekitar sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan dan jangan menyilaukan. Pada Jalan Wates Km 6 – Km 9, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan jalan nasional dan sebagai penghubung dalam melakukan aktivitas keseharian warga di sana. Penerangan lampu jalan pada jalan ini masih tergolong di bawah standar, oleh karena itu diperlukan adanya evaluasi untuk menilai kinerja penerangan lampu jalan di daerah tersebut. Penelitian ini dimulai dengan survei di lapangan dan mengumpulkan data dari instansi terkait. Data yang diukur langsung di lapangan meliputi lebar jalan, Panjang jalan, kelas jalan dan jarak spasi antar lampu. Data yang dikumpulkan dari instansi terkait berupa jenis lampu, lumen lampu dan tinggi tiang. Pada sepanjang jalan ini, ada dua jenis lampu yang dipakai yaitu SON-T 250 W dan LED, sedangkan kuat lumennya sebesar 28.000 lm dengan tinggi tiang 9 meter. Evaluasi penelitian ini akan mengikuti standar CIE ( Classification System of the International Commission on Illumination ). Pada penelitian ini maka diketahui bahwa untuk jenis lampu LED ada 8 buah lampu yang memenuhi standar distribusi penerangan rerata (LAVR), sedangan untuk nilai ambang batas silau ( TI ) hanya berjumlah 7 buah lampu dari total keseluruhan ada 12 Lampu LED. Untuk lampu jenis SON-T 250 W ada 9 buah lampu yang memenuhi standar distribusi penerangan rerata (LAVR), sedangkan untuk nilai ambang batas silau ( TI ) hanya ada 1 buah lampu dari total keseluruhan lampu berjumlah 15 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerangan lampu jalan, Distribusi Penerangan Jalan Rerata, Nilai Ambang Batas Silau, Standar CIE
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:34
Last Modified: 12 Nov 2019 03:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20686

Actions (login required)

View Item View Item