SEBASTIAN, JULIUS AXL ADINDRAWI (2019) MANAJEMEN HUMAS DALAM PENGELOLAAN EVENT HARI PELANGGAN NASIONAL TAHUN 2018 (Studi Kasus Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang). S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05674 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
KOM05674 1.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
KOM05674 2.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text (BAB III)
KOM05674 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
KOM05674 4.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Humas sebagai bagian dari fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang cukup penting untuk membangun hubungan yang baik dengan publik perusahaan serta menciptakan dan meningkatkan citra positif perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai humas di salah satu bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yakni Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Salah satu aktivitas kehumasan yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yakni dengan melakukan manajemen humas dalam perayaan event Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen humas yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dalam event Hari Pelanggan Nasional tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan konsep analisis data menurut Miles, et.al yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Manajemen humas yang dilakukan dalam event Harpelnas tahun 2018 dimulai dari tahapan evaluasi dengan melihat eksekusi sebelumnya, dilanjutkan ke tahapan perencanaan dengan menetapkan tujuan, merumuskan pesan komunikasi, menetapkan target sasaran, menetapkan media komunikasi, dan mengelola sumber daya. Selanjutnya melakukan eksekusi atas perencanaan yang telah disusun, dan terakhir melakukan evaluasi atas eksekusi yang telah dilakukan berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada akhirnya manajemen humas yang dilakukan dalam event Harpelnas tahun 2018 bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan citra positif perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Humas, Event, Pelanggan |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 07:05 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 07:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20777 |
Actions (login required)
View Item |