MANAJEMEN HUMAS DALAM PENGELOLAAN EVENT HARI PELANGGAN NASIONAL TAHUN 2018 (Studi Kasus Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang)

SEBASTIAN, JULIUS AXL ADINDRAWI (2019) MANAJEMEN HUMAS DALAM PENGELOLAAN EVENT HARI PELANGGAN NASIONAL TAHUN 2018 (Studi Kasus Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05674 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM05674 1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM05674 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB III)
KOM05674 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM05674 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Humas sebagai bagian dari fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang cukup penting untuk membangun hubungan yang baik dengan publik perusahaan serta menciptakan dan meningkatkan citra positif perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai humas di salah satu bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yakni Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Salah satu aktivitas kehumasan yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yakni dengan melakukan manajemen humas dalam perayaan event Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen humas yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dalam event Hari Pelanggan Nasional tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan konsep analisis data menurut Miles, et.al yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Manajemen humas yang dilakukan dalam event Harpelnas tahun 2018 dimulai dari tahapan evaluasi dengan melihat eksekusi sebelumnya, dilanjutkan ke tahapan perencanaan dengan menetapkan tujuan, merumuskan pesan komunikasi, menetapkan target sasaran, menetapkan media komunikasi, dan mengelola sumber daya. Selanjutnya melakukan eksekusi atas perencanaan yang telah disusun, dan terakhir melakukan evaluasi atas eksekusi yang telah dilakukan berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada akhirnya manajemen humas yang dilakukan dalam event Harpelnas tahun 2018 bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan citra positif perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, Event, Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:05
Last Modified: 08 Jan 2020 07:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item