PENYUSUNAN PESAN DALAM SERIAL KOMIK DIGITAL 7WONDERS (Studi kasus kualitatif metode penyampaian kearifan lokal dalam serial komik digital 7Wonders)

Purnomo, Forysca Ajeng (2019) PENYUSUNAN PESAN DALAM SERIAL KOMIK DIGITAL 7WONDERS (Studi kasus kualitatif metode penyampaian kearifan lokal dalam serial komik digital 7Wonders). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05772 0.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM05772 1.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM05772 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
KOM05772 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM05772 4.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana proses penyusunan pesan dalam serial komik digital Line Webtoon 7Wonders. Penelitian ini melihat bagaimana pesan dalam komik 7Wonders disusun menggunakan teori-teori seperti teori perencanaan pesan, model penyusunan pesan, serta logika penyusunan pesan untuk mengetahui seperti apa proses penyusunan pesan dalam komik tersebut hingga sampai pada tahapan respon yang diinginkan, apakah sesuai atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana proses penyusunan pesan dalam serial komik 7Wonders sebagai upaya penyampaian unsur kearifan lokal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan melalui teknik wawancara mendalam dengan penulis komik 7Wonders dan tiga orang narasumber serta melakukan observasi terhadap beberapa data yang relevan dengan topik penelitian. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa proses penyusunan pesan dalam serial komik 7Wonders sesuai dengan teori perencanaan pesan serta logika penyusunan pesan. Peneliti juga menemukan bahwa dalam proses penyusunan, model penyusunan pesan berperan dalam proses penyusunan pesan menggunakan beberapa pendekatan. Sehingga, respon pada pesan yang disampaikan pada target pembaca komik 7Wonders sesuai dengan harapan sang pencipta komik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Pesan, 7Wonders, Komik, Kearifan Lokal, Logika Konvensional
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:31
Last Modified: 09 Jan 2020 02:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20779

Actions (login required)

View Item View Item