EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus: Jalan Kaliurang Km 13,5 – Km 16, Yogyakarta)

Krisnanda, Cornelius Yanar Patih (2019) EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus: Jalan Kaliurang Km 13,5 – Km 16, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS16185 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS16185 1.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TS16185 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TS16185 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TS16185 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB V)
TS16185 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS16185 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling penting sebagai penghubung satu daerah ke daerah lainnya. Semakin berkembangnya suatu daerah makan semakin banyak kebutuhan para pengguna jalan yang mengakibatkan peningkatan volume maupun muatan kendaraan yang bisa membebani jalan. Maka kerusakan jalan pun tidak dapat dihindari sehingga membuat pengguna jalan terganggu dan bisa membahayakan pengguna jalan. Penelitian ini dilakukan di Jalan Kaliurang Km 13,5 – Km 16, Yogyakarta yang merupakan jalan kolektor primer dan merupakan salah satu akses dari kota Yogyakarta menuju destinasi wisata di Kaliurang. Selain destinasi wisata, ruas jalan ini meruapakan ruas jalan yang bisa dibilang kompleks karena memiliki beberapa bangunan seperti pertokoan apartement, perumahan, rumah sakit dan kampus. Semakin kompleks ruas jalan tersebut maka volume lalu lintas semakin meningkat dan berdampak pada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh jalan yang terbebani secara berulang ulang. Untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi digunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil dari penelitian tersebut dapat dijadikan acuan untuk menunjang pengambilan keputusan pemeliharaan yang akan dilakukan pada ruas tersebut. Penelitian dilakukan dengan menentukan sampel yang akan dijadikan obyek penelitian yaitu ruas jalan sepanjang 2.500 m dan dibagi menjadi 25 unit segmen dengan panjang masing masing segmen 100 m. Selanjutnya dilakukan survey jenis dan tingkat kerusakan secara visual per segmen dan diukur luasan kerusakannya. Kemudian dilakukan analisa data agar diperoleh nilai pavement condition index (PCI). Dari nilai yang diperoleh maka dapat disimpulkan metode perbaikan yang tepat untuk ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Kaliurang Km 13,5 – Km 16, Yogyakarta terdapat 7 (tujuh) jenis kerusakan yaitu retak kulit buaya (alligator cracking), tambalan (patching), lubang (potholes), cacat tepi perkerasan (edge cracking), retak memanjang dan melintang, amblas (depression), dan penurunan bahu pada jalan. Nilai pavement condition index (PCI) rata rata dari seluruh unit segmen penelitian sebesar 44,676% dengan kondisi sedang (fair). Penanganan kerusakan yang tepat untuk ruas jalan tersebut adalah dengan melakukan overlay, overlay setebal 4 cm untuk umur rencana 10 tahun dimulai dari perencanaan awal tahun 2019 hingga tahun 2029.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Penanganan Kerusakan, overlay
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:22
Last Modified: 10 Jan 2020 02:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item View Item