PAMUNGKAS, NADHYANMAS ILHAM SATRIO (2019) EVALUASI PEMASANGAN GUIDING BLOCK ATAU JALUR KHUSUS PENYANDANG DIFABEL PADA TROTOAR DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TS16000 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS16000 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
TS16000 2.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB III)
TS16000 3.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text (BAB IV)
TS16000 4.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
Text (BAB V)
TS16000 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS16000 6.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan zaman di Indonesia sekarang ini sangat pesat, perkembangan itu sendiri dapat dilihat dari pembangunan pembangunan yang ada di setiap provinsi maupun di kota kota yang tersebar di Indonesia. Kota Magelang sebagai salah satu kota yang ada di Indonesia yang sedang mengikuti perkembangan zaman dengan membangun berbagai sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan perkembangan di kota Magelang. Di kota Magelang masyarakat dengan kebutuhan khusus atau difabel turut menjadi perhatian bagi pemerintah kota Magelang. Pemerintah pun menyediakan fasilitas untuk masyarakat berkebutuhan khusus atau difabel. Perbedaan dengan trotoar biasa trotoar tersebut memiliki lantai yang berbeda. Lantai tersebut terdapat tonjolan bulat atau lonjong. Lantai tersebut biasanya disebut dengan jalur ramah difabel (Guiding Blocks). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi : (1) Pemasangan Guiding Block pada ruas jalan di Kota Magelang agar memberikan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan bagi kaum difabel, (2) mengukur kepuasan penggunaan jalur difabel dari aspek penggunanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi dan metode ex pose facto adalah pemeriksaan terhadap data transportasi publik yang ditemui di Kota Magelang secara aktual dengan data standar aksesibilitas (Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.30/PRT/2006 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.03/PRT/M/2014). Hasil dari penelitian diperoleh layanan transportasi publik berdasarkan indikator penelitian adalah sarana pelayanan transportasi publik belum memenuhi persyaratan aksesibilitas. Sedangkan layanan transportasi publik menurut kaum difabel dan tuna netra belum ramah terhadap difabel dan belum sesuai dengan harapan. Maka dapat disimpulkan bahwa kaum difabel dan tuna netra tidak puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah. Sehingga diperlukan langkah-langkah untuk mengembangkan dan perawatan layanan publik ramah difabel agar dapat memberikan kenyamanan dan keaman bagi mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guiding Block, difabel, aksesibilitas, transportasi publik, layanan publik. |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 02:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 02:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20798 |
Actions (login required)
View Item |