EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS SENTOSA TRAYEK PUTUSSIBAU-PONTIANAK

MERING, GABRIEL KRISTIANTO (2019) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS SENTOSA TRAYEK PUTUSSIBAU-PONTIANAK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS15980 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS15980 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TS15980 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB III)
TS15980 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB IV)
TS15980 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
TS15980 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS15980 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kapuas Hulu merupakan salah satu daerah otonom tingkat II di bawah 2 provinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah 29.842 kmdan memiliki jumlah penduduk sebesar 277.556 jiwa. Ibukota kabupaten ini terletak di Putussibau. Jarak dari Kota Putussibau ke Kota Pontianak kurang lebih 571 km dengan waktu tempuh 11-12 jam. Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai kota khatulistiwa. Sebagian besar masyarakat Kota Pontianak merupakan pendatang dari berbagai daerah. Dari banyaknya pendatang, masyarakat Kapuas Hulu merupakan salah satu pendatang yang bertujuan ke Kota Pontianak untuk melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan. Salah satu angkutan umum terutama Bus Sentosa yang difasilitasi TV, DVD, kipas angin, dan sebagainya tentu akan memberikan kenyamanan bagi para pengguna jasa bus ini. Berdasarkan latar belakang maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan umum Bus Sentosa trayek Putussibau-Pontianak. Penelitian ini dilakukan pertama dengan uji pretes (pretest) dan uji pilot awal dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 20 penumpang Bus Sentosa. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dapat disebarkan kepada 80 penumpang Bus Sentosa, setelah disebarkan data direkap dengan skala Likert (bobot skor) dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data selanjutnya yaitu menggunakan metode Importance Performance Analysis yang terdiri dari analisis kesenjangan (GAP), analisis kesesuaian, dan analisis dengan diagram kartesius. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat atribut yang harus dipertahankan dan ditingkatkan. Atribut yang dipertahankan adalah armada yang digunakan merupakan kendaraan layak pakai, keberangkatan dan kedatangan selalu tepat waktu, pegawai selalu ramah dan sopan saat melayani konsumen, ketelitian dan ketepatan pegawai dalam pembelian tiket, dan bus selalu dalam keadaan bersih. Atribut yang ditingkatkan adalah tarif angkutan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, ketanggapan pegawai Bus Sentosa terhadap penumpang, pegawai selalu merespon keluhan penumpang, TV dan DVD untuk menghibur penumpang selama perjalanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bus Sentosa, Kualitas Pelayanan, Validitas, Reliabilitas, Pretes (Pretest), Pilot Awal dan Importance Performance Analysis.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:32
Last Modified: 10 Jan 2020 03:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item