MERING, GABRIEL KRISTIANTO (2019) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS SENTOSA TRAYEK PUTUSSIBAU-PONTIANAK. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TS15980 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS15980 1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
TS15980 2.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (BAB III)
TS15980 3.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text (BAB IV)
TS15980 4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text (BAB V)
TS15980 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS15980 6.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kapuas Hulu merupakan salah satu daerah otonom tingkat II di bawah 2 provinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah 29.842 kmdan memiliki jumlah penduduk sebesar 277.556 jiwa. Ibukota kabupaten ini terletak di Putussibau. Jarak dari Kota Putussibau ke Kota Pontianak kurang lebih 571 km dengan waktu tempuh 11-12 jam. Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai kota khatulistiwa. Sebagian besar masyarakat Kota Pontianak merupakan pendatang dari berbagai daerah. Dari banyaknya pendatang, masyarakat Kapuas Hulu merupakan salah satu pendatang yang bertujuan ke Kota Pontianak untuk melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan. Salah satu angkutan umum terutama Bus Sentosa yang difasilitasi TV, DVD, kipas angin, dan sebagainya tentu akan memberikan kenyamanan bagi para pengguna jasa bus ini. Berdasarkan latar belakang maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan umum Bus Sentosa trayek Putussibau-Pontianak. Penelitian ini dilakukan pertama dengan uji pretes (pretest) dan uji pilot awal dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 20 penumpang Bus Sentosa. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dapat disebarkan kepada 80 penumpang Bus Sentosa, setelah disebarkan data direkap dengan skala Likert (bobot skor) dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data selanjutnya yaitu menggunakan metode Importance Performance Analysis yang terdiri dari analisis kesenjangan (GAP), analisis kesesuaian, dan analisis dengan diagram kartesius. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat atribut yang harus dipertahankan dan ditingkatkan. Atribut yang dipertahankan adalah armada yang digunakan merupakan kendaraan layak pakai, keberangkatan dan kedatangan selalu tepat waktu, pegawai selalu ramah dan sopan saat melayani konsumen, ketelitian dan ketepatan pegawai dalam pembelian tiket, dan bus selalu dalam keadaan bersih. Atribut yang ditingkatkan adalah tarif angkutan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, ketanggapan pegawai Bus Sentosa terhadap penumpang, pegawai selalu merespon keluhan penumpang, TV dan DVD untuk menghibur penumpang selama perjalanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bus Sentosa, Kualitas Pelayanan, Validitas, Reliabilitas, Pretes (Pretest), Pilot Awal dan Importance Performance Analysis. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 03:32 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 03:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20802 |
Actions (login required)
View Item |